Dark/Light Mode

Tambah Jalur Sepeda 13,11 Kilometer

DKI Ganti Stick Cone Dengan Mata Kucing

Minggu, 12 November 2023 07:30 WIB
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo. (Foto: Antara)
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menambah jalur sepeda sepanjang 13,11 kilometer (km). Untuk pembatasnya, tidak lagi menggunakan stick cone, tetapi mata kucing karena dianggap lebih aman.

Penambahan jalur baru sepeda tersebut dilakukan di Ka­wasan Blok M, Barito dan Tebet. Jalur ini menambah jalur sepeda yang sudah tersedia sepanjang 301,084 km.

Baca juga : Apa Itu Sindrom Peter Pan? Kenali Penyebab Dan Cara Mencegahnya

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, jumlah ini telah melampaui target Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022 sepanjang 252,1 km. Serta Instruksi Sekda Nomor 88 Tahun 2021 mengenai pem­bangunan jalur sepeda sepanjang 298 km.

Syafrin mengungkapkan, sejak 2012 hingga 2023, total jaringan jalur sepeda yang telah terbangun sepanjang 314,196 km.

Baca juga : Dana Desa Sudah Bangun 311.656 Kilometer Jalan Desa

“Pembangunan jalur sepeda sebagai first mile dan last mile telah menjangkau layanan rute angkutan umum massal seperti halte Transjakarta, stasiun MRT Jakarta, stasiun LRT Jabo­debek, stasiun KRL dan terminal bus,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Sebagai komitmen dalam mendukung penyediaan jalur sepeda yang aman dan nyaman bagi masyarakat, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan peme­liharaan terhadap marka jalan dan rambu lalu lintas untuk jalur sepeda sepanjang 28 km.

Baca juga : Erick: Jaga Reputasi BSI

Ruas jalan tersebut yakni Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sisingamaraja, Jalan Panglima Polim, Jalan RS Fatmawati Raya, Jalan Tomang Raya dan Jalan Imam Bonjol.

Selain itu, untuk memastikan keamanan dan keselamatan pesepeda, Pemprov DKI juga melakukan pengawasan dan perawatan fasilitas jalur sepeda. Salah satunya dengan meng­ganti stick cone jalur sepeda yang mengalami kerusakan dengan paku jalan solar cell atau mata kucing. Hal itu dilakukan untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan para pesepeda.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.