Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Rekomendasi Politisi Kebon Sirih

Pecat..! Kepala Sekolah Begal Gaji Guru Honorer

Kamis, 30 November 2023 07:30 WIB
Pengurus Forum Guru Pendidikan Agama Kristen Indonesia (Forgupaki) saat melakukan audiensi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, di Jakarta Pusat, Rabu (22/11). (Foto: Ist)
Pengurus Forum Guru Pendidikan Agama Kristen Indonesia (Forgupaki) saat melakukan audiensi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, di Jakarta Pusat, Rabu (22/11). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Oknum Kepala Sekolah Dasar (SD) di Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur, diduga membegal alias mengkorupsi gaji guru agama honorer, selama satu tahun. Kasus ini sedang ditangani Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta.

Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Ima Mahdiah mengaku, mendapat laporan dari Forum Guru Pendidikan Agama Kristen Indonesia (Forgupaki) bahwa ada guru agama honorer SD di Jakarta Timur, disuruh teken kwitansi pembayaran honor Rp 9 juta setiap bulan selama satu tahun, namun hanya menerima Rp 300 ribu.

Baca juga : Fenomena Politik Usai Putusan MK, Para Tokoh Maklumat Juanda Akan Terus Bergerak

“Gaji sebenarnya Rp 9 juta, ada buktinya. Ini sudah jelas kepala sekolahnya yang ber­masalah,” ungkap Ima, di Ja­karta, Senin (27/11).

Anggota Komisi E ini mengaku, sudah melihat langsung bukti kwitansi pembayaran honor. Dan, sudah mengantongi daftar guru honorer di Jakarta yang gajinya dibegal.

Baca juga : Jadi Provinsi Ke-11. Ribuan Buruh Maluku Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo

Dia mengatakan, pihaknya sedang menunggu penelusuran kasus itu oleh Disdik. Jika ter­bukti, Ima merekomendasikan oknum kepala sekolah tersebut agar dipecat. Jangan sampai ada kesan Disdik memberikan perlindungan.

Ima menuturkan, setiap tahun Pemprov DKI menggelontorkan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Menurutnya, gaji guru honorer bisa diambil dari BOS dan BOP agar layak. Namun disayangkannya, ada saja kasus guru honorer tidak mendapatkan upah yang layak.

Baca juga : Direkomendasikan Beli, Analis Sinarmas Ungkap Harga Saham PGEO Bakal Melejit

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik DKI Jakarta Purwosusilo mengatakan, pihaknya telah mengkonfirmasi kepada Suku Dinas (Sudin) Pendidikan Ja­karta Timur dan pihak sekolah terkait dugaan ini.

“Kami sudah melakukan be­berapa hal terkait konfirmasi ke segala pihak. Kami akan melanjut­kan tindak lanjut itu dengan me­manggil Kepsek dan jajarannya, termasuk bendahara juga. Mereka sudah dipanggil sebelumnya oleh Bidang SD Jumat kemarin,” kata Purwosusilo, Senin (27/11).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.