Dark/Light Mode

Sesuai Visi Kota Samarinda, Wawali Senang Sekolah Terapkan Kurikulum Merdeka

Rabu, 14 Juni 2023 11:11 WIB
Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso dan Ketua Pokja Press Tour dari Kemendikbudristek Agustina Indah Rizki, di Gedung Balaikota Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (13/6). (Foto: Bambang Trismawan/ Rakyat Merdeka)
Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso dan Ketua Pokja Press Tour dari Kemendikbudristek Agustina Indah Rizki, di Gedung Balaikota Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (13/6). (Foto: Bambang Trismawan/ Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso menyampaikan, Pemerintah Kota Samarinda mendukung implementasi Kurikulum Merdeka yang diluncurkan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim pada 2021.

Kata dia, kurikulum tersebut sejalan dengan visi Pemkot yaitu menjadikan warga yang religius, unggul, dan berbudaya.

Hal tersebut disampaikan Rusmadi saat menyambut tim Pres Tour dari Kemendikbud dan Ristek di Gedung Balaikota, Jalan Kesuma Bangsa, Kalimantan Selatan, Selasa (13/6).

Rusmadi mengatakan, Pemkot ingin menjadikan Samarinda sebagai kota peradaban. Kota peradaban maksudnya bukan ingin membangun piramida Mesir atau candi Borobudur yang megah.

Namun, menginginkan Samarinda menjadi pusat perkembangan semua sektor kehidupan, seperti pusat ekonomi dan pusat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk mewujudkan itu, tentu harus ada perubahan ke arah kemajuan. Karena itu, salah satu visinya adalah menjadikan warga kota yang religius, unggul dan berbudaya.

"Sehingga terkait dengan kesehatan dan pendidikan menjadi prioritas pemerintah kota," kata Rusmadi.

Baca juga : Bupati Muba Jadi Koordinator Tim Penanganan Sumur Minyak Masyarakat

Mantan Dekan Fakultas Pertanian di Universitas Mulawarman ini mengaku senang dengan Kurikulum Merdeka yang sudah diluncurkan Mendikbud dan Ristek Nadiem Makarim.

Kata dia, sejatinya pendidikan itu memang tidak hanya membuat peserta didik menjadi cerdas. Namun, harus dapat membentuk karakter peserta didik menjadi lebih baik.

Sehingga mampu mengubah keseharian baik di lingkungan keluarga atau pun masyarakat.

"Jadi anak tidak hanya tahu pohon itu menghasilkan oksigen. Tapi juga mampu merawat dan menjaga pohon agar tumbuh," paparnya.

Rusmadi menambahkan, berbagai dukungan yang sudah dilakukan Pemkot agar program Merdeka Belajar bisa diimplementasikan dengan baik.

Misalnya, dengan menjadikan sekolah sebagai tempat bersih dan menyenangkan. Ia pun memberikan pesan kepada para guru agar jangan galak-galak.

Toilet siswa dijaga kebersihannya dan dipisahkan antara laki-laki dan perempuan.

Baca juga : 10 Hari TC, Aji Senang Perkembangan Siginifikan Skuad Persebaya

Menurut dia, keberhasilan Merdeka Belajar ini ditunjang dengan sekolah yang bersih dan sehat.

Karena itu, lanjut dia, APBD Kota Samarinda ikut menganggarkan seperti membuat pagar dan sebagainya.

Saat ini, SD dan SMP yang ada di wilayahnya sudah hampir 100 persen menerapkan Kurikulum Merdeka. Rusmadi menyampaikan, output Kurikulum Merdeka ini tentu belum bisa diukur.

Namun outcome-nya sudah terlihat. Para orangtua murid bahkan masyarakat ikut terlibat dalam kegiatan yang ada di sekolah.

Orangtua murid ikut berpartisipasi menjadikan sekolah berwarna, bersih, dan menyenangkan. Ia optimis, dengan Kurikulum Merdeka kualitas sekolah merata.

Sehingga tak ada lagi sebutan sekolah unggulan, karena semua sekolah sama-sama unggul.

Sementara itu, Ketua Pokja Press Tour dari Kemendikbudristek Agustina Indah Rizki menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Samarinda karena telah menyambut baik rombongan Press Tour. 

Baca juga : BPMP Kaltim: SMA, SMK, Dan SLB Sudah Terapkan Kurikulum Merdeka

Ia pun mengaku senang karena berbagai stakeholder di Samarinda mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.

Dalam kunjungan ke sejumlah sekolah yang ada di Samarinda, Indah mengaku melihat ada perubahan suana belajar mengajar di lingkungan sekolah.

Sejumlah sekolah juga sudah membuat program Praktik Baik yang mendukung pembentukan profil pelajar Pancasila.

Di SDN 007 Sungai Pinang Samarinda para guru bersemangat untuk menjadi kreatif agar kegiatan belajar menjadi menyenangkan.

Dalam kesempatan itu, Indah juga menyampaikan rencana Kemendikbud dan Ristek menggelar acara puncak Festival Kurikulum Merdeka yang akan digelar di Jakarta pada 26 Juni 2023.

Di acara tersebut akan digelar berbagai karya peserta didik dari seluruh Indonesia seperti foto dan film dokumenter.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.