Dark/Light Mode

Topan Hagibis Tak Pengaruhi Kondisi Cuaca di Indonesia

Minggu, 13 Oktober 2019 18:05 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Jepang (JMA) topan Hagibis sudah bergerak meninggalkan daratan Jepang ke arah Timur Laut menuju Samudera Pasifik Barat bagian Utara, pada Minggu (13/10).

Walaupun masih dalam skala kuat, namun intensitas topan Hagibis mulai menurun. Saat ini, kecepatan angin di pusat topan berkisar di angka 60 knots. 12 jam sebelumnya, 75 knots.

Baca juga : Korban Tewas Topan Hagibis Jepang Bertambah Jadi 18 Orang

Dalam 24 jam ke depan, JMA memperkirakan topan Hagibis akan menurun intensitasnya.

Terkait hal ini, Deputi Bidang Metereologi Badan Metereologi, Klimatoogi, dan Geofisika (BMK) Mulyono Rahardo Prabowo mengemukakan, posisi topan Hagibis yang  Minggu (13/10) pagi ini makin jauh dari wilayah Indonesia, tidak memberikan dampak terhadap kondisi cuaca dan gelombang laut di Indonesia.

Baca juga : Topan Hagibis Mendarat di Jepang, Satu Orang Tewas

“Potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia, lebih dipengaruhi oleh adanya daerah tekanan udara rendah di wilayah Indonesia bagian Utara, yang membentuk daerah pertemuan angin, yang memanjang dari Semenanjung Malaysia hingga Laut Sulawesi,” jelas Mulyono dalam siara persnya, Minggu (13/10) siang.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG senantiasa membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui: Call center 021-6546318; Sumber: https://setkab.go.id/typhoon-hagibis-jepang-tidak-berpengaruh-terhadap-kondisi-cuaca-di-indonesia/. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.