Dark/Light Mode

Agar Tak Tumbang Seperti Pemilu 2019

Petugas KPPS Jakarta Bakal Dipasok Suplemen Dan Vitamin

Kamis, 7 Desember 2023 07:30 WIB
Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono. (Foto: Dok. DPRD DKI Jakarta)
Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono. (Foto: Dok. DPRD DKI Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjamin kesehatan para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilu 2024. Salah satunya dengan memberikan pasokan suplemen dan vitamin.

Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono mengatakan, data Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat, pada Pemilu 2019, sebanyak 894 petugas Pemilu meninggal dunia dan 5.175 petugas jatuh sakit saat menjalankan tugasnya.

Dan, khusus di Jakarta, petu­gas KPPS yang meninggal dunia sebanyak 31 orang dan jatuh sakit sebanyak 158 orang.

Baca juga : KPK Era Nawawi: Bidang Wakil Ketua Bakal Ditiadakan, Semua Sama Rata

Petugas meninggal dan sakit itu, kata Mujiyono, terjadi akibat beban kerja Pemilu yang cukup berat.

“Karena itu, Pemprov DKI harus memberikan dukungan kepada para petugas agar memiliki stamina dan kondisi kesehatan yang baik saat melaksanakan tugas pemungutan hingga penghitungan suara,” kata Mujiyono di Gedung DPRD DKI, Senin (4/12).

Menurutnya, dari periode ke periode Pemilu, jarang sekali ada pemberian suplemen untuk petugas KPPS. Makanya Komisi Amenyampaikan permintaan kepada eksekutif terkait penye­diaan suplemen.

Baca juga : Pemkot Bekasi Minta Publik Laporkan ASN

“Dan, ternyata di Dinas Kesehatan pagu anggaran itu tidak ada,” ungkapnya.

Politisi Demokrat itu berharap, dengan pemberian suple­men dan vitamin, tidak ada lagi petugas KPPS di Jakarta yang jatuh sakit dan meninggal dunia seperti Pemilu 2019.

Mujiyono mengungkapkan, pihaknya akan melayangkan surat ke Tim Anggaran Pemerin­tah Daerah (TAPD DKI) Jakarta untuk usulan penyediaan ang­garan pengadaan suplemen yang bersumber dari biaya tak terduga APBD DKI 2024.

Baca juga : Kapolri: Tugas TNI-Polri Jaga Keutuhan Masyarakat, Persatuan Dan Kesatuan

“Tujuannya agar ditindaklanjuti untuk penerbitan Instruksi Sekda berkaitan dengan penyediaan suplemen bagi seluruh petugas KPPS di Jakarta,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.