Dark/Light Mode

Permintaan Melonjak Jelang Nataru

Harga Pangan DKI Naik Tak Terkendali

Senin, 11 Desember 2023 07:30 WIB
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati. (Foto: Antara)
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Eli menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta juga bersinergi dengan Pemerintah Pusat dalam pendistribusian beras Stabi­lisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) untuk masyarakat dengan harga Rp 10.900 per kg.

Selain itu, menjalankan program Pangan Bersubsidi bagi Masyarakat Tertentu melalui penyediaan beras, telur ayam, daging ayam, daging sapi, susu UHT dan ikan kembung.

Eli meminta, masyarakat jangan panik dengan kenaikan harga pangan, karena stok relatif aman.

“Sampai dengan akhir tahun ini kondisi pangan strategis kita dalam kondisi terkendali,” tandasnya.

Baca juga : Janji Macan Putih Tak Pulang Dengan Tangan Kosong Di Kandang Persib

Tanam Cabe Serentak

Upaya mendukung ketahanan pangan, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, Mirdiyanti Heru, memimpin penanaman serentak 9.715 bibit cabe di 83 lokasi dari enam ke­camatan di Jakarta Utara, Jumat (8/12). Seremonial kegiatan ini dilakukan di area Rusun Kelapa Gading Timur. Selain cabe, di­tanam pula pohon Tabebuya dan penebaran 500 bibit ikan lele.

Mirdiyanti bilang, selain demi terciptanya ketahanan pangan, kegiatan ini sekaligus mewu­judkan program penghijauan di Jakarta.

“Penanaman cabe ini juga dapat membantu menekan laju inflasi karena memperkuat ketahanan pangan keluarga,” katanya.

Baca juga : Covid Melonjak Lagi, Ini 10 Gejala Yang Paling Banyak Dikeluhkan

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Yenny Nursanti menjelaskan, dari 9.175 bibit cabe yang ditanam, sebanyak 2.140 di antaranya didistribusikan di wilayah Kecamatan Tanjung Priok.

Lalu, 260 bibit ke wilayah Kecamatan Pademangan, 1.780 di Kecamatan Penjaringan, 740 di Kecamatan Koja, 1.880 di Kecamatan Kelapa Gading dan 2.915 bibit cabe untuk wilayah Kecamatan Cilincing.

Ada pun lokasi penanaman dilakukan di lahan taman, kan­tor pemerintahan, rumah ibadah, gang hijau, lahan fasos fasum, rusun dan lahan gedung perkan­toran swasta.

Di setiap lokasi, tegas Yenny, terdapat penanggung jawab yang mengelola tanaman tersebut.

Baca juga : Ganjar Diangkat Sebagai Warga Kehormatan Adat Dayak Kaltim

“Kami berencana melaksana­kan panen cabe serentak dalam waktu tiga bulan ke depan,” tandasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 11/12/2023 dengan judul Permintaan Melonjak Jelang Nataru, Harga Pangan DKI Naik Tak Terkendali

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.