Dark/Light Mode

Pengetahuan Kesehatan Gigi di Masyarakat Masih Minim

Kamis, 17 Oktober 2019 23:05 WIB
Flyer kampanye pemeriksaan gigi (Foto: Twitter Kemenkes)
Flyer kampanye pemeriksaan gigi (Foto: Twitter Kemenkes)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengetahuan masyarakat terkait kesehatan gigi dan mulut masih minim. Termasuk masyarakat di kota besar. Padahal, penyakit gigi dan mulut tidak dirawat. Penyakit ini juga akan memengaruhi organ tubuh lain.

Demikian disampaikan drg. Luki Astuti di sela-sela kegiatan penyuluhan, pemeriksaan, dan pengobatan gigi dan mulut yang diselenggarakan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti ( FKG Usakti), di Grogol Jakarta Barat, Kamis (17/10).

Baca juga : Imbas Penutupan Jalan, Sejumlah Rute Transjakarta Dialihkan

“Kegiatan penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan gigi dan mulut yang dilaksanakan FKG Usakti merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi. Yaitu pengabdian kepada masyarakat  dalam hal ini terkait kesehatan gigi dan mulut,” jelasnya.

Alasan dipilihnya kelurahan Grogol, lanjut Ketua Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini, karena informasi terkait kesehatan gigi dan mulut di sini masih minim. Kebutuhan masyarakat di wilayah ini terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut juga tinggi. 

Baca juga : Pengujian Kesehatan Pelaut di Tarakan, Kemenhub Sosialisasikan Medical Check Up

Respons masyarakat terhadap kegiatan ini sangat positif. Hal itu dapat dilihat dari antusiasme dan jumlah masyarakat yang datang memeriksakan giginya. Mulai dari anak-anak hingga lanjut usia.

Kegiatan Penyuluhan dan Pengobatan Kesehatan Gigi dan Mulut yang berlangsung ini dipatok dapat melakukan pengobatan sebanyak 50 peserta. Kegiatan ini melibatkan 10 mahasiswa dokter gigi dan 6 dokter gigi untuk supervisi dan tindakan pengobatan. Tindakan pengobatan terbatas untuk perawatan sederhana saja. Apabila pasien membutuhkan perawatan yang lebih kompleks, akan dirujuk ke RSGM FKG Usakti.

Baca juga : Hati-hati, Banyak Benih Bawang Putih Oplosan

Dokter gigi dari Puskesmas Grogol Petamburan, drg WA Kissanti, mengucapkan terima kasih ke FKG Usakti yang telah melakukan penyuluhan dan pemeriksaan gigi dan mulut kepada warga RW 02 Kelurahan Grogol. “Ini merupakan bentuk kolaboratif antara Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan dengan FKG Usakti khususnya dalam memberikan penyuluhan, pemeriksaan gigi dan mulut terhadap masyarat, sehingga masyarakat dapat mencegah atau datang ke puskesmas saat mengalami gigi sakit “ tuturnya.

Erwin Sitompul, salah satu warga Grogol  mengaku senang atas kegiatan yang dilakukan FKG Usakti di lingkungannya. Iwan, Pengurus RT 02 Kelurahan Grogol, juga senang. “Kami bersyukur dan berterimakasih kepada FKG Usakti yang melakukan penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan gigi dan mulut, sehingga masyarkat mengetahui berbagai penyakit yang ditimbulkan dari gigi dan mulut,” ungkapnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.