Dark/Light Mode

Petugas Gercep Bersihkan Sampah Malam Tahun Baru

Jakarta Kembali Kinclong Sebelum Ayam Berkokok

Rabu, 3 Januari 2024 07:30 WIB
Petugas Dinas Lingkungan Hidup (LH) saat membersihkan sampah usai perayaan malam pergantian Tahun Baru 2024 di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (1/1). (Foto: Ist)
Petugas Dinas Lingkungan Hidup (LH) saat membersihkan sampah usai perayaan malam pergantian Tahun Baru 2024 di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (1/1). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Asep menjelaskan, untuk membersihkan sampah pada malam pergantian tahun, pihaknya menerjunkan 3.180 petugas yang disebar di sejumlah titik keramaian. Pihaknya menarget­kan sampah-sampah tersebut harus selesai ditangani pukul 04.00 WIB atau sebelum subuh pada 1 Januari 2024.

“Petugas kebersihan dibagi menjadi 4 shift tanpa henti,” jelasnya.

Asep mengapresiasi kerja keras petugas kebersihan yang telah berhasil membersihkan sampah dengan cepat.

Baca juga : Jangan Lupa Vaksin Dan Pake Masker Ya

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dengan kami. Petu­gas Penanganan Prasarana Sarana Umum (PPSU), Satpol PP, Dinas Perhubungan serta Dinas Perta­manan dan Kehutanan. Semua bahu-membahu untuk membuat Jakarta kinclong lagi,” ujarnya.

Sampah-sampah yang dikum­pulkan, lanjut Asep, diangkut ke Tempat Pengolahan Sampah (TPS) dengan prinsip reduce, reuse dan recycle (3R). Sedangkan sampah yang tidak bisa didaur ulang dibawa ke Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta mewanti-wanti Dinas LH DKI Jakarta untuk sigap me­nangani sampah pada perayaan malam Tahun Baru. Salah satu­nya, dengan menyiagakan petugas untuk berjaga di sejumlah titik keramaian, terutama di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

Baca juga : Swasembada Pangan Bakal Kembali Diraih

Ketua Komisi D DPRD Jakarta Ida Mahmudah berharap, dengan petugas sigap mengumpulkan sampah, tidak terjadi penumpukan sampah usai perayaan malam Tahun Baru.

Selain itu, Ida meminta para Lurah menginstruksikan kepada Rukun Tetangga (RT) dan Ru­kun Warga (RW) untuk menjaga kebersihan lingkungan selama perayaan malam Tahun Baru.

“Lurah, RTdan RW sudah mengetahui titik mana saja wilayah yang mengadakan perayaan malam Tahun Baru,” tandasnya.

Baca juga : Nelayan Ganjar Bikin Warga Makassar Lebih Nyaman Berwisata

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 3/1/2024 dengan judul Petugas Gercep Bersihkan Sampah Malam Tahun Baru, Jakarta Kembali Kinclong Sebelum Ayam Berkokok 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.