Dark/Light Mode

Ini Profil Tetty Paruntu, Eks Bupati Cantik Minahasa Selatan yang Dipanggil ke Istana

Senin, 21 Oktober 2019 12:53 WIB
Tetty Paruntu (tengah) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10). (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)
Tetty Paruntu (tengah) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10). (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Eks Bupati Minahasa Selatan, Christiany Eugenia Paruntu atau biasa disapa Tetty Paruntu, hadir di Istana Negara, Senin (21/10). Tetty tiba di Istana pukul 10.00 WIB dengan mengenakan kemeja putih dengan celana panjang hitam. Beberapa pengawal mengiringinya. Ada kemungkinan dia akan mengisi salah satu pos menteri di kabinet pemerintahan Jokowi Jilid II.

Tetty Paruntu lahir di Manado, Sulawesi Utara, pada 25 September 1967.  Tetty menyelesaikan pendidikan di SD Budi Mulia Bogor, SMP Budi Mulia Bogor, Harry Carlton Comprehensive School, Suthon Bomington-Notingham, Inggris. Setelah itu, dia melanjutkan di Pitman College pada jurusan Manajemen Bisnis. 

Baca juga : Berkemeja Putih, 2 Politisi dan 1 Pengusaha Dipanggil Jokowi Ke Istana

Tetty berasal dari keluarga terpandang di Sulawesi Utara. Ayahnya adalah mantan Rektor Universitas Sam Ratulangi, Jopie Paruntu. Sedangkan ibunda Jenny Y Tumbuan adalah politikus dan pernah menjabat sebagai anggota DPR.

Garis politik sang ibu mengalir ke dalam darahnya. Tetty dua kali menjabat sebagai Bupati Minahasa Selatan. Pertama, pada periode 2010-2015 di era Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Kemudian, dia terpilih kembali pada 17 Februari 2016 di era Presiden ke-7 Jokowi. Tetty juga menjabat sebagai Ketua Golkar Sulawesi Utara. Darah politik itu kemudian dia turunkan ke anaknya, Adrian Jopi Paruntu yang kini duduk di DPR. 

Baca juga : KPK Eksekusi Penyuap Bupati Cantik Sri Wahyumi ke Lapas Tangerang

Tak hanya sebagai pejabat, Tetty juga sempat menduduki posisi penting di beberapa perusahaan. Pada 1992, Christiany menjabat sebagai Presiden Direktur PT Puspita Adhiniaga Indonesia. Kemudian pada 1999-2006, ia menjabat sebagai Komisaris PT Trutama Star. Pada 2004-2009, dia menjabat sebagai Komisaris PT Chandra Ekakarya Pratama.

Kemudian ia menjabat sebagai Direktur PT Partim Indomakmur. Selanjutnya pada 2006, Tetty menjabat sebagai Presiden Direktur PT Chandra Ekakarya Pratama. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.