Dark/Light Mode

Transjakarta Mendadak Ganti Nama Halte

Penumpang Jengkel Dan Bingung

Senin, 15 Januari 2024 07:30 WIB
Wakil Ketua Dewan Per­wakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Rani Mauliani. (Foto: Dok. DPRD DKI Jakarta)
Wakil Ketua Dewan Per­wakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Rani Mauliani. (Foto: Dok. DPRD DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
Netralkan Nama Halte

Direktur Utama Transjakarta Welfizon Yuza mengatakan, pi­hak Transjakarta tengah melaku­kan netralisasi terhadap halte yang memiliki identitas nama perusahaan. Halte yang me­makai nama perusahaan atau instansi akan digantikan menjadi nama daerah setempat.

Welfizon bilang, perubahan nama untuk mengoptimalkan sumber pendapatan selain dari penjualan tiket. Hal ini, lanjut Welfizon, sejalan dengan target yang dari Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan efisiensi dan mengoptimalkan subsidi.

Baca juga : Pengamat Transportasi: Tugas Awak Bus Mengantar Penumpang Sampai Tujuan

“Salah satunya adalah non fire box seperti yang ada di halte Bundaran HI. Di belakangnya sudah ada naming rights nya, itu Astra. Halte lain juga sudah ada beberapa yang sedang dalam proses untuk kita jual naming rights-nya,” jelasnya.

Keluhan para pelanggan ter­hadap pergantian nama disam­paikan melalui kolom komentar unggahan akun Instagram PT Transjakarta, @pt_transjakar­ta terkait perubahan sejumlah nama halte.

“Ribet, jadi bingung. Sudah benar (nama halte) yang lama saja, sudah hafal,” tulis @pri­taaa30.

Baca juga : Libur Nataru, Jumlah Penumpang KA Dari Jakarta Meningkat, Bisa Tembus 700 Ribu

“Sudah hafal yang lama, seka­rang jadi asing dengarnya. Halte Olimo jadi Taman Sari, padahal Taman Sari masih jauh banget,” ujar @itsnheng507. “Koridor 5 jadi aneh namanya, kenapa Budi Utomo jadi Lapangan Banteng? Sedangkan lokasinya nggak deket sama Lapangan Banteng,” tanya @vviivvii_03.

“Cawang, Cawang Baru, Cawang Cililitan, Cawang Sentral, Simpang Cawang. Selamat ber­bingung ria mengenai percawangan,” kata @inighozi_fthllh.

Selain itu, ada juga pelang­gan yang meminta perubahan nama dibarengi dengan per­baikan automatic announce­ment nama halte.

Baca juga : Hadapi Lonjakan Puncak Liburan, KAI Logistik Tambah 25 Persen Kapasitas Angkut

“Kecewa banget sih kalau sampai announcement-nya masih sering nggak nyala. Makin pusing, sudah nama halte baru, an­nouncement-nya nggak nyala,” keluh @sm25_. “Mohon suara pengumuman di dalam busnya juga disesuaikan,” pinta @maa.rizki.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 15/1/2024 dengan judul Transjakarta Mendadak Ganti Nama Halte, Penumpang Jengkel Dan Bingung   

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.