Dark/Light Mode

Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

DKI Siap Guyur Sembako Murah Di 267 Kelurahan

Jumat, 2 Februari 2024 07:00 WIB
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau program Sembako Murah di di dua kelurahan, yaitu Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur dan Kelurahan Pademangan Barat, Jakarta Barat, Kamis (1/2/2024). (Foto: Humas Pemprov DKI Jakarta)
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau program Sembako Murah di di dua kelurahan, yaitu Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur dan Kelurahan Pademangan Barat, Jakarta Barat, Kamis (1/2/2024). (Foto: Humas Pemprov DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
Eli menambahkan, Pemprov menyediakan Program Sembako Murah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024. Tahun ini Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta telah menyepakati alokasi anggaran sebesar Rp 793 miliar untuk 924.332 warga penerima manfaat.

Melalui Program Pangan Bersubsidi 2024 ini, warga penerima manfaat dapat membeli produk pangan dengan harga terjangkau. Rinciannya yakni, beras premium Rp 30.000 per lima kilogram (kg), daging sapi Rp 35.000 per kg, daging ayam Rp 8.000 per ekor, susu UHT Rp 30.000 per karton (isi 24 piece), ikan kembung Rp 13.000 per kg (isi enam sampai delapan ekor), telur ayam 10.000 per tray (isi 15 butir).

Program Pangan Bersubsidi ini dapat dinikmati oleh, Penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus, Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) dengan gaji maksimak 1.1 UMP dan terdaftar, lansia yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasarnya dan terdaftar, penyandang disabilitas yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasarnya dan terdaftar.

Baca juga : Relawan Mas Bowo Gelar Senam Sehat dan Pembagian Sembako Di Lebak

Lalu, Penerima Kartu Anak Jakarta (KAJ) dan Terdaftar, Penerima Kartu Pekerja Jakarta (KPJ) dan Terdaftar, penghuni rumah susun dengan kriteria berdasarkan keputusan kepala perangkat daerah yang membidangi urusan perumahan rakyat dan terdaftar, kader PKK yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasarnya dan terdaftar, guru dan tenaga pendidikan Non PNS berpenghasilan maksimal 1.1 UMP dan terdaftar.

“Untuk PJLP Tahun 2024 dapat melakukan aktivasi kembali secara kolektif dengan menyertakan persyaratan dan surat pengantar dari unit kerjanya,” kata Eli.

Libatkan RT

Baca juga : Relawan Dangsanak Sandi Gasan Ganjar-Mahfud Gelar Pelatihan UMKM Di Martapura

DPRD DKI Jakarta mendukung Program Sembako Murah yang digelar Pemprov DKI Jakarta. Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Wawan Suhawan mengatakan, Program Sembako Murah bentuk dukungan Pemprov dalam meningkatkan daya beli masyarakat. Selain itu, mendorong stabilitas harga.

“Kan tujuannya membantu masyarakat menengah ke bawah atau masyarakat bawah,” kata Wawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (30/1/2024).

Karena itu, Wawan meminta, Program Sembako Murah diperluas dan menjangkau selu¬ruh wilayah di Jakarta. Selain itu melibatkan rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW). Sehingga, paket sembako murah bisa diterima secara tepat sasaran dan merata.

Baca juga : AFPI Salurkan Bantuan Sembako Ke Komunitas Kendalpayak Di Malang

“Ya diperbanyak seluruh DKI. Itu harus melibatkan RT-RW. Harus tepat sasaran, di DKI juga kan ada yang menengah ke atas, ada yang benar-benar menengah ke bawah,” tutur Wawan.

Anggota Komisi B lainnya, Wahyu Dewanto menilai program ini positif dan dapat meringankan beban warga. Dia berharap, Pemprov DKI mempertahankan program ini dan berlangsung setiap tahun. Sehingga kesejahteraan masyarakat DKI Jakarta semakin meningkat. 

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat, 2 Februari 2024 dengan judul Tingkatkan Daya Beli Masyarakat, DKI Siap Guyur Sembako Murah Di 267 Kelurahan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.