Dark/Light Mode

Jaga Daya Beli Masyarakat

DPR: Perpanjang BLT El Nino

Sabtu, 6 Januari 2024 07:20 WIB
Anggota Komisi VIII DPR Endang Maria Astuti. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi VIII DPR Endang Maria Astuti. (Foto: Dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koordinator Perekonomian melanjutkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino hingga Triwulan I tahun 2024. Kebijakan ini diyakini akan mampu menjaga daya beli masyarakat yang lesu akibat naiknya harga berbagai komoditas dampak iklim ekstrem El Nino.

Anggota Komisi VIII DPR Endang Maria Astuti mengatakan, iklim ekstrem El Nino membuat pola tanam petani terganggu. Petani yang biasanya sudah memulai masa tanam di periode Agustus-Oktober terpaksa menunda masa penana­man akibat kurangnya pasokan air ke lahan pertanian.

“Siklus tanam mundur dua bulan. Hal ini mengakibatkan adanya gangguan suplai komo­ditas barang pokok, implikasinya harga beberapa komoditi meningkat,” kata politisi Fraksi Golkar ini, kemarin.

Baca juga : Rosan Roeslani Ajak Masyarakat Berjuang Menangkan Prabowo-GibranĀ 

Karena itu, sambungnya, keputusan Pemerintah untuk memberikan BLT kepada masyarakat terdampak sudah sangat tepat. Bantuan ini akan meringankan beban masyara­kat utamanya bagi masyarakat miskin yang ikut terdampak akibat naiknya harga komodoti pangan.

“Maka untuk menggantikan melambungnya harga pangan, pemerintah memberi substitusi pendapatan dengan BLT El Nino ini. Ini saya kira kebijakan paling tepat dan efektif yang dirumuskan oleh Pak Menko Airlangga Hartarto,” ujarnya.

Endang bilang, keputusan Menko Airlangga untuk mem­perpanjang masa pemberian BLT El Nino hingga Triwu­lan I Tahun 2024 sudah tepat. Bantuan ini tentunya akan sangat membantu perekono­mian masyarakat terutama eko­nomi mikro di tataran rumah tangga.

Baca juga : Atikoh Ganjar: Masyarakat Dan Pedagang Butuh Stabilisasi Harga

Dia mengatakan, banyak manfaat ekonomi yang sangat dirasakan masyarakat dengan hadirnya BLT El Nino. Selain menjaga daya beli masyarakat, bantuan ini juga akan membuat peekonomian negara utamanya di sektor makro tetap terjaga dengan baik.

Adapun BLT El Nino ini berupa pemberian beras sebanyak 10 kilogram untuk sekitar 21 juta penerima man­faat. Total anggaran yang telah disiapkan Pemerintah dalam penyaluran BLT El Nino ini mencapai Rp 7,52 triliun. Selain menerima beras, sebanyak 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) ini akan memperoleh bantuan sebesar Rp 400.000/2 bulan.

“Bantuan ini tentu akan sangat membantu perekonomian ke­luarga dan akan menggerakkan ekonomi di sektor riil. Pro­gram-program seperti ini yang saya kira harus terus dilanjutkan untuk mengerek ekonomi ma­syarakat berpendapatan rendah,” tambahnya.

Baca juga : IJU Sampaikan Harapan Masyarakat Bima Ke AHY

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 6/1/2024 dengan judul Jaga Daya Beli Masyarakat, DPR: Perpanjang BLT El Nino  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.