Dark/Light Mode

Profil 12 Wamen

Anak Tanoe Bukan Sekadar Pemanis

Sabtu, 26 Oktober 2019 07:17 WIB
Angela Putri Tanoesudibjo saat datang ke Istana Kepresidenan, sebelum dilantik menjadi wakil menteri, Jumat (25/10). (Foto: Randi Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka).
Angela Putri Tanoesudibjo saat datang ke Istana Kepresidenan, sebelum dilantik menjadi wakil menteri, Jumat (25/10). (Foto: Randi Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka).

 Sebelumnya 
Ada juga John Wempi Wetipo. Mantan Bupati Jayawijaya, Papua, yang juga politisi PDIP. Sempat ikut dalam pemilihan gubernur Papua, namun gagal. Putra asli Papua ini ditunjuk jadi Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Dia secara khusus diminta mem percepat pembangunan kawasan timur Indonesia.

Dari kalangan politisi ada juga Surya Tjandra. Kader PSI. Dikutip dari laman resmi PSI, pria kelahiran Jakarta 28 Maret 1971 ini di besarkan di keluarga tidak mampu. Orangtuanya pedagang ayam potong di Pasar Jatinegara, Jakarta.

Surya kemudian kuliah di FH UI dan mendapat beasiswa untuk meneruskan pendidikannya di bidang hukum untuk program S2 di Universitas Warwick, Inggris dan program S3 di Universitas Leiden, Belanda. Setelah lulus surya aktif di LBH Jakarta sebelum akhirnya berlabuh menjadi kader PSI.

Berita Terkait : Jokowi Minta Menag Tuntaskan Radikalisme dan Intoleransi

Selain politisi, ada juga yang berasal dari relawan. Yang pertama adalah Budi Arie Setiadi. Dia merupakan pendiri Projo yang membantu kerja kerja pemenangan Jokowi sejak Pilpres 2014 . Dia dipercaya menjabat sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mendampingi Abdul Hakim Iskandar.

Dari relawan ada juga nama Wahyu Sakti Trenggono. Wahyu merupakan Bendahara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin saat Pil pres 2019. Wahyu ditunjuk men jadi Wamen Pertahanan. Dia akan membantu Prabowo dalam mengembangkan industri pertahanan di Tanah Air. Wahyu punya latar belakang sebagai pengusaha.

Sisanya ada Wakil Menlu Mahendra. Saat ini menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat. Jokowi memberi Mahendra tugas khusus yang harus dituntaskan dalam waktu setahun.Tugas itu adalah meningkatkan kualitas promosi, investasi, perdagangan. Presiden juga meminta Mahendra untuk menjaga dan mengamankan keberlanjutan industri sawit Indonesia.

Berita Terkait : Tinggal Finalisasi, Para Wamen Bakal Segera Dilantik

Selanjutnya ada Alue Dohong. Alue merupakan Deputi Konstruksi, Operasi, dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut. Dia diminta menjadi Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Salah satu fokus kerjanya adalah membangun rencana ibu kota negara baru di Kalimantan Timur yang berkonsep smart, beautiful, dan sustainable city.

Nama selanjutnya adalah Suahasil Nazara. Suahasil merupakan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan. Dia diminta membantu Sri Mulyani dengan menjadi Wakil Menteri Keuangan.

Dua nama terakhir di tunjuk sebagai Wakil Menteri BUMN. Mereka adalah Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wiroatmojo. Budi merupakan Direktur Utama PT Inalum. Namanya melejit usai bisa mengakuisisi PT Freeport Indonesia. Sementara Kartika Wiryoatmojo adalah bankir handal. Ia meniti karir di Bank Mandiri sejak 2003. Saat ini ia menjabat sebagai Dirut Bank Mandiri. [BCG]