Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Dinkes DKI Layani Kesehatan Jiwa Peserta Pemilu 2024

Caleg Dan Timses Stres Jangan Malu Ke Psikiater

Senin, 12 Februari 2024 06:50 WIB
Kepala Dinkes DKI Jakarta Ani Ruspitawati. (Foto: Istimewa)
Kepala Dinkes DKI Jakarta Ani Ruspitawati. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyiapkan puluhan fasilitas kesehatan bagi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang mengalami gangguan mental. Mereka bisa datang ke 25 Puskesmas dan 13 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta.

“Calon legislatif (caleg) atau tim sukses (timses) yang mengalami stres hingga gangguan jiwa atau kesehatan mental karena gagal dan perlu pendampingan psikolog, maka kami siap,” kata Kepala Dinkes DKI Jakarta Ani Ruspitawati dalam keterangan­nya, Jumat (9/2/2024).

Ani mengatakan, pihaknya akan menyiapkan fasilitas dan layanan kesehatan jiwa yang semakin baik.

Baca juga : Juventus Vs Udinese, Si Nyonya Tua Wajib Menang

“RSUD Duren Sawit sebagai pusat rujukan utama untuk menangani berbagai kondisi, ter­masuk stres dan gangguan kesehatan mental,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ani menerang­kan, proses pemeriksaan dimulai dengan skrining dan tindak lanjut awal di 44 Puskesmas di setiap kecamatan dan dapat diru­juk ke RSUD yang mempunyai layanan psikiatri. Jika perlu, dilakukan tindak lanjut oleh dokter spesialis Kesehatan Jiwa.

Secara umum, kata Ani, stres dan tekanan psikologis sering terjadi pada peserta Pemilu yang gagal. Namun, hingga saat ini Dinkes DKI Jakarta belum per­nah mengumpulkan data terkait kejadian tersebut, termasuk pada Pemilu 2019.

Baca juga : Tenis Qatar Terbuka 2024, Nadal Siap Unjuk Gigi

“Kami akan mendata peserta pemilu yang gagal dan berobat ke fasilitas kesehatan kami di Provinsi DKI Jakarta,” ucap Ani.

Ani berharap, peserta pemilu akan memprioritaskan kesehatan fisik dan mentalnya di tengah tekanan ataupun harapan besar un­tuk memenangkan Pemilu 2024.

RSUD Tamansari Siap Menampung

Baca juga : Injury Time Bagi Capres

RSUD Tamansari siap menangani caleg, timses atau pendu­kung fanatik Pemilu yang mengalami stres akibat kegagalan dalam pemilu.

“Kami siap menghampiri mereka yang mengalami gang­guan ringan dan berat dengan penanganan yang tepat,” kata Kepala Seksi Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Ta­mansari Ngabila Salama, Sabtu (10/2/2024).

Ngabila bilang, RSUD Ta­mansari dikenal dengan layanan unggulan dalam kesehatan mata dan jiwa. RSUD Tamansari me­miliki dokter spesialis jiwa yang siap memberikan layanan, mulai dari konsultasi hingga perawatan lebih lanjut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.