Dark/Light Mode

Jadi Kawasan Aglomerasi, Bang Zaki Beri Ide Arah Pembangunan Jakarta

Senin, 25 Maret 2024 15:11 WIB
Ahmed Zaki Iskandar. (Foto: Ist)
Ahmed Zaki Iskandar. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPD Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar menilai, perluasan kawasan aglomerasi yang mencakup wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur (Jabodetabekjur) menjadi tantangan. Salah satu tantangannya adalah terkait dengan integrasi pembangunan.

Apalagi jika tingkat urbanisasi di Jakarta tetap tinggi, hal ini akan menambah permasalahan. Utamanya adalah soal risiko peningkatan angka pengangguran yang saat ini juga tinggi. "Semua harus pararel, masalah ekonomi banyak sekali pengangguran di Jakarta yang kita harus menciptakan lapangan kerja," terang dia dalam keterangannya.

Baca juga : Hadiri Kongres Desa Indonesia, Bamsoet Dorong Peningkatan Pembangunan Desa

Bakal Calon Gubernur DKI ini pun menilai bahwa Jakarta sekarang bukan lagi daerah industri, melainkan jasa. Jadi yang harus dilakukan adalah peningkatan softskill masyarakat, begitu juga dengan kesempatan bekerjanya.

"Sebagai daerah pusat bisnis dan ekonomi, kesempatan bekerja akan terbuka apabila kesempatan usaha kita buka seluas-luasnya. Beda dengan industri, kita bisa bantu pabrik yang mempekerjakan 5.000-10.000 karyawan, di Jakarta tidak memungkinkan lagi," tutur Bupati Tangerang periode 2013-2023 tersebut.

Baca juga : Gelar Safari Ramadan, Bang Zaki Berbagi Kebahagiaan di Bulan Suci

Oleh karenanya, Bang Zaki melihat potensi pemanfaatan Balai Latihan Kerja (BLK) di Jakarta untuk menciptakan tenaga kerja yang terampil, sehingga bisa mengisi kebutuhan industri. Seperti yang dilakukan di Tangerang.

Di antaranya pembekalan pelatihan untuk tukang cukur, juru masak, tenaga pengamanan, tenaga kebersihan, supir pribadi, asisten rumah tangga hingga pengasuh bayi. Ini telah menjadi kebutuhan masyarakat Jakarta yang aktivitasnya padat.

Baca juga : Terima Hikmahbudhi, Bamsoet Dorong Partisipasi Pemuda dalam Pembangunan

"Lapangan kerja yang pada saat ini demand-nya sangat tinggi di Jakarta, kenapa tidak kita bekali masyarakat Jakarta untuk mendapatkan skill tersebut," tutup Bang Zaki.

Antisipasi yang baik akan menjadikan Jakarta lebih terarah, karena jika tidak, maka Jakarta akan menjadi tempat pengangguran saja.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.