Dark/Light Mode

Ini 10 Keutamaan Bulan Ramadhan Yang Perlu Diketahui, Manfaatkan Sebaik-baiknya

Selasa, 12 Maret 2024 15:49 WIB
Ilustrasi keutamaan bulan Ramadhan. Foto: Unsplash/Imad Alassiry
Ilustrasi keutamaan bulan Ramadhan. Foto: Unsplash/Imad Alassiry

RM.id  Rakyat Merdeka - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam. Ini adalah bulan di mana umat Islam di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa, salah satu dari rukun Islam. Banyak keutamaan bulan Ramadhan yang perlu Anda ketahui.

Karena keistimewaan Ramadhan tidak hanya sebatas kewajiban berpuasa saja. Ada banyak keutamaan Bulan Ramadhan yang menjadikannya bulan yang penuh berkah dan ampunan.

Mari kita bahas beberapa keutamaan Bulan Ramadhan yang bisa membuat kita semakin semangat menyambut dan menjalankan ibadah di bulan suci ini:

1. Bulan Diturunkannya Al-Quran

Allah SWT menurunkan wahyu pertama berupa ayat-ayat Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW pada bulan Ramadhan. Sebagaimana firman Allah SWT surat Al-Baqarah ayat 185:

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

شَهْرُ  رَمَضَا نَ  الَّذِيْۤ  اُنْزِلَ  فِيْهِ  الْقُرْاٰ نُ  هُدًى  لِّلنَّا سِ  وَ  بَيِّنٰتٍ  مِّنَ  الْهُدٰى  وَا لْفُرْقَا نِ  ۚ فَمَنْ  شَهِدَ  مِنْكُمُ  الشَّهْرَ  فَلْيَـصُمْهُ  ۗ وَمَنْ  کَانَ  مَرِ يْضًا  اَوْ  عَلٰى  سَفَرٍ  فَعِدَّةٌ  مِّنْ  اَيَّا مٍ  اُخَرَ  ۗ يُرِ يْدُ  اللّٰهُ  بِکُمُ  الْيُسْرَ  وَلَا  يُرِ يْدُ  بِکُمُ  الْعُسْرَ  ۖ وَلِتُکْمِلُوا  الْعِدَّةَ  وَلِتُکَبِّرُوا  اللّٰهَ  عَلٰى  مَا  هَدٰٮكُمْ  وَلَعَلَّکُمْ  تَشْكُرُوْنَ

syahru romadhoonallaziii ungzila fiihil-qur-aanu hudal lin-naasi wa bayyinaatim minal-hudaa wal-furqoon, fa mang syahida mingkumusy-syahro falyashum-h, wa mang kaana mariidhon au 'alaa safaring fa 'iddatum min ayyaamin ukhor, yuriidullohu bikumul-yusro wa laa yuriidu bikumul-'usro wa litukmilul-'iddata wa litukabbirulloha 'alaa maa hadaakum wa la'allakum tasykuruun

"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur."

2. Waktu Dibelenggunya Setan, Ditutupnya Pintu Neraka, dan Dibukanya Pintu Surga

Baca juga : Pastikan Keandalan Lokomotif, KAI Gandeng Perusahaan Manufaktur AS

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda bahwa pada bulan Ramadhan ini, pintu surga akan dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu. 

"Bila bulan Ramadhan tiba, maka dibukalah pintu-pintu surga, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan pun dibelenggu" (H.R Muslim).

Ini merupakan kesempatan yang baik bagi umat Islam untuk lebih fokus beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

3. Bulan Penuh Ampunan

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh ampunan dan rahmat Allah SWT. Bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa dengan penuh keimanan dan keikhlasan,  dosa-dosa mereka yang lalu bisa diampuni oleh Allah SWT. 

“Barang siapa melakukan puasa Ramadhan sematamata karena keimanan dan mencari ganjaran, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (HR Bukhari dan Muslim)

4. Terdapat Malam Lailatul Qadar

Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan. Ibadah pada malam Lailatul Qadar lebih baik daripada seribu bulan.

Rasulullah bersabda:

Baca juga : Jelang Ramadan dan Lebaran, Ban Dunlop Tawarkan Promo Menarik

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ اْلاَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ (رواه البخارى)

Artinya: Carilah olehmu sekalian lailatul qodar itu pada witir sepuluh terakhir di bulan Ramadhan (HR. Bukhori).

Meskipun tanggal pasti Lailatul Qadar tidak diketahui, namun banyak dicari pada malam-malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

5. Pahala Berlipat Ganda

Semua amal kebaikan yang dikerjakan pada bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Ini termasuk di dalamnya ibadah puasa, shalat, membaca Al-Quran, sedekah, dan perbuatan baik lainnya.

6. Bulan Meningkatkan Ketakwaan

Ibadah puasa mengajarkan kita untuk menahan diri dari hawa nafsu. Melalui puasa, kita belajar untuk menjadi pribadi yang lebih bertaqwa dan lebih dekat dengan Allah SWT.

7. Melatih Empati dan Kepedulian Sosial

Rasa lapar dan haus yang dirasakan saat berpuasa membuat kita lebih bisa berempati kepada orang-orang yang kurang mampu.  Selain itu, amalan berbagi seperti berbuka puasa bersama dan sedekah menjadi lebih dianjurkan di bulan Ramadhan, sehingga meningkatkan kepedulian sosial di antara umat Islam.

8. Menjalin Silaturahmi Dan Kekeluargaan

Bulan Ramadhan menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi dan kekeluargaan.  Kegiatan buka puasa bersama dan shalat tarawih berjamaah menjadi momen untuk berkumpul dan bersosialisasi dengan sesama muslim.

9. Kesempatan Untuk Introspeksi Diri

Baca juga : Jelang Ramadan, BEM PTNU Bagikan Sembako

Bulan Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk melakukan introspeksi diri. Kita bisa merenungkan kesalahan dan dosa yang telah dilakukan, serta memperbanyak istighfar untuk memohon ampunan kepada Allah SWT.

10. Meraih Kemenangan Dan Kesuksesan

Setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa, umat Islam merayakan Hari Raya Idul Fitri.  Idul Fitri menjadi simbol kemenangan atas perjuangan melawan hawa nafsu selama berpuasa.

Demikian beberapa keutamaan Bulan Ramadhan yang perlu kita pahami. 

Semoga dengan memahami keutamaan ini, kita bisa semakin semangat menyambut dan menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.