Dark/Light Mode

Kumuh Dan Nggak Keurus

Pasar Tradisional Di Jakarta Sepi Pembeli

Sabtu, 18 Mei 2024 06:50 WIB
Warga sedang membeli telur ayam di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (6/5/2024). Kios di pasar ini perlu dipercantik agar tidak terlihat kumuh. (Foto: Rizki Syahputra/Rakyat Merdeka/RM.id)
Warga sedang membeli telur ayam di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (6/5/2024). Kios di pasar ini perlu dipercantik agar tidak terlihat kumuh. (Foto: Rizki Syahputra/Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak pasar tradisional di Jakarta kumuh dan tidak terurus dengan baik. Akibatnya, warga malas datang sehingga pedagang sepi pembeli.

Karena itu, Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Dae­rah (DPRD) DKI Jakarta Suhud Alynudin menyatakan mendu­kung revitalisasi pasar tradisional menjadi program prioritas dalam Rencana Kerja Pemerintah Dae­rah (RKPD) Tahun 2025.

“Banyak pasar yang kondisinya memprihatinkan, rusak, hingga akhirnya ditinggalkan pembeli dan pedagang,” kata Suhud di Jakarta, Jumat (17/5/2024).

Suhud mencontohkan Pasar Sindang, Koja, Jakarta Utara (Jakut). Dari hari ke hari, pasar sepi pembeli lantaran banyak kios yang tutup dan terkesan tidak terurus.

“Hampir di semua lantai se­dikit pedagangnya. Tempatnya acak-acakan, bahkan gelap, orang tidur sembarangan. Pasar Sindang perlu direvitalisasi,” katanya dalam rapat kerja di Gedung DPRD DKI Jakarta.

Baca juga : 4 Garuda Angkat Koper

Suhud bilang, ada sejumlah pasar lain di Jakarta yang ber­nasib serupa. Dia mendorong Pasar Jaya membuat terobosan, seperti melakukan kerja sama dengan pihak ketiga.

“Daripada kondisi pasar (ku­muh) didiamkan, lebih baik dikerja samakan untuk mendo­rong orang mau datang ke pasar tradisional,” ujar Suhud.

Hal senada disampaikan Ang­gota Komisi B August Hamo­nangan. August menilai, para pedagang pasar tradisional kalah bersaing oleh pasar komersial modern yang lebih nyaman.

Karena itu, lanjut dia, revital­isasi pasar dilengkapi terobosan program untuk menarik minat masyarakat mengunjungi pasar tradisional, mendesak dilakukan.Jangan seperti kios pasar yang terdampak kebakaran di Pasar Minggu, Jakarta Selatan (Jaksel), yang hingga kini terabaikan.

“Pasar Minggu bisa bangkrut kalau ruko atau kios yang sudah terbakar nggak dibangun-bangun gitu,” ungkap August.

Baca juga : Tamara Bleszynski, Rindu Almarhum Kakak Dan Anak

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Agus Hilmawan mengungkapkan, pihaknya akan merevitalisasi 36 pasar pada 2024. Saat ini, sudah sembilan pasar yang mulai dibenahi. Yakni, Pasar Palmerah, Pasar Sunan Giri, Pasar Kramat Jati, Pasar Pluit, Pasar Mampang, Pasar Santa, Pasar Induk Kra­mat Jati, Pasar Enjo dan Pasar Nangka Bogor.

“Pasar sudah kita cat semua, sudah berubah semua dan toilet­nya juga kita benahi. Pada 2025 program pengecatan juga kita lanjutkan terus. Termasuk revitalisasi dan pembangunan pasar-pasar yang sudah tua,” jelas Agus.

Dia mengungkapkan, pada 2023 ada 26 pasar yang sudah dibenahi. Pada 2024 ini pihaknya juga sudah meresmikan dua pasar, yakni Pasar Jatirawasari, Jakarta Pusat (Jakpus) dan Pasar Cilincing, Jakut. Tahun ini, Perumda Pasar Jaya akan melakukan peresmian lanjutan di Pasar Kalideres, Pasar Sumur Batu dan Pasar Heksagon.

Agus menambahkan, upaya mempercantik pasar tradisional untuk meningkatkan pelayanan serta sarana dan prasarana. Se­hingga menciptakan lingkungan yang ideal untuk berbagai akti­vitas perdagangan dalam rangka mendukung kegiatan ekonomi dan sosial.

Dia berharap, revitalisasi pasar dapat memperkuat daya saing Jakarta sebagai kota global serta menjadi jendela bagi wisatawan lokal maupun internasional.

Baca juga : Heboh Soal Sewa Private Jet, Dugem, Dan Ada Wanitanya...

“Modernisasi dan peremajaan pasar untuk memberikan ke­nyamanan kepada pengunjung maupun pedagang,” tandas­nya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 18 Mei 2024 dengan judul Kumuh Dan Nggak Keurus, Pasar Tradisional Di Jakarta Sepi Pembeli

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.