Dark/Light Mode

Tentukan Sikap Akhir Bulan Ini

Banteng, Katanya Mau Kasih Kejutan

Jumat, 17 Mei 2024 08:00 WIB
Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi seklaigus Steering Committee (SC) Rakernas PDIP ke-5 Djarot Saiful Hidayat (tengah) bersama Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan Komarudin Watubun (kiri) dan Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga (kanan) seusai menyampaikan keterangan pers mengenai pelaksanaan Rakernas V PDI Perjuangan di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Kamis (16/5/2024). (Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir/Spt)
Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi seklaigus Steering Committee (SC) Rakernas PDIP ke-5 Djarot Saiful Hidayat (tengah) bersama Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan Komarudin Watubun (kiri) dan Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga (kanan) seusai menyampaikan keterangan pers mengenai pelaksanaan Rakernas V PDI Perjuangan di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Kamis (16/5/2024). (Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir/Spt)

RM.id  Rakyat Merdeka - Akhir bulan ini, PDIP akan tentukan sikap politiknya lima tahun ke depan. Apakah akan menjadi oposisi atau justru masuk koalisi pendukung Prabowo? Yang pasti, Banteng katanya mau kasih kejutan.

Sikap politik PDIP itu, akan ditentukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-5 di Ancol, Jakarta. Rakernas itu, rencananya akan dihadiri oleh seluruh kader PDIP.

Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat menjelaskan soal kegiatan rakernas tersebut lewat konferensi pers di Jakarta, Kamis (16/5/2025). Mula-mula, Djarot menjelaskan siapa-siapa saja yang akan diundang. Djarot memastikan, Banteng tidak akan mengundang Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin. Alasannya, karena keduanya sudah sibuk dengan urusan negara. Untuk itu, tambah Djarot, Rakernas PDIP nanti hanya akan dihadiri kader internal.

Putusan apa yang akan dikeluarkan PDIP pada rakernas kali ini, Djarot menutup rapat-rapat. Namun, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu janji akan ada kejutan pada rakernas kali ini. Dia pun meminta publik bersabar.

Baca juga : PAN: Money Politics Merusak Demokrasi

“Kejutan-kejutan apa saja yang nanti akan muncul di rakernas, tunggu saja. Termasuk juga siapa saja yang akan diundang,” ungkapnya.

Kendati demikian, dia menerangkan akan ada dua materi yang akan dibahas dalam rakernas kali ini. Materi pertama terkait sikap Banteng terhadap jalannya pemerintahan. Kedua, materi tentang dinamika geopolitik.

“Bagaimana ketegasan dari sikap politik PDIP, sebaiknya ditunggu saja,” pinta mantan Cagub Sumatera Utara itu.

Terpisah, pengamat politik dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menjelaskan posisi PDIP saat ini sangat seksi. Karena itu, wajar jika publik menunggu sikap tegas PDIP terhadap pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga : Kemendikbudristek Dituding Lepas Tangan

“Ada potensi PDI Perjuangan melalui ketua umumnya akan menyatakan posisinya dalam pemerintahan ke depan. Berada di dalam koalisi pemerintahan, atau malah di luar,” cetus Saidiman kepada Rakyat Merdeka, Kamis (16/5/2024).

Saidiman juga meramal, pada rakernas kali ini, PDIP akan membahas mengenai koalisi di Pilkada Serentak, November mendatang. Dia bilang, memungkinkan bagi PDIP berkoalisi dengan partai politik pendukung Prabowo-Gibran.

“Di beberapa wilayah, PDI Perjuangan mulai membangun komunikasi dengan PKS. Misalnya untuk Jakarta dan Jawa Barat. Kalau ini terjadi, tentu itu adalah kejutan,” tegasnya.

Selain itu, dia bilang, tidak menutup kemungkinan PDIP dan PKS mengusung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta. Artinya, PDIP dan PKS akan bertarung dengan Ridwan Kamil, calon kuat politisi parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pilgub Jakarta. “Atau di Jawa Barat, PKS yang kuat di wilayah Bogor, Tangerang dan Bekasi (Botabek) bergabung dengan PDI Perjuangan yang memiliki basis di Pantura, melawan KIM yang kuat di daerah Priyangan,” imbuhnya.

Baca juga : Dhani Dan Bhayu Maju Ngelawan Petahana

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat, 17 Mei 2024 dengan judul Tentukan Sikap Akhir Bulan Ini, Banteng, Katanya Mau Kasih Kejutan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.