Dark/Light Mode

Pengunjung Terus Meningkat

Kebun Binatang Ragunan Dibikin Lebih Seru Dong

Rabu, 12 Juni 2024 06:50 WIB
Pengunjung melihat binatang di Taman Margasatwa ragunan, Jakarta. (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Pengunjung melihat binatang di Taman Margasatwa ragunan, Jakarta. (Foto: Khairizal Anwar/RM)

 Sebelumnya 
August menilai, fasilitas dan pelayanan Graha Wisata Ragu­nan masih kurang sehingga sulit bersaing dengan penginapan lain.

Dia menyarankan Graha Wisata Ragunan dilengkapi wa­ter heater, tempat belanja untuk tamu dan optimalisasi lahan agar bisa dimanfaatkan untuk beragam kegiatan.

“Biasanya yang menginap ini butuh sabun, sikat gigi, nah itu belum ada tempat belanjanya. Kemudian juga tempat parkir belum diberdayakan, padahal luas,” kata August.

Baca juga : Soal Tambang, Pemerintah Nggak Maksa Ormas Agama

Dia optimistis bila Graha Wisata Ragunan dioptimalkan, sumbangan terhadap pendapatan daerah akan meningkat tajam.

Taman Margasatwa Ragunan atau Kebun Binatang Ragunan merupakan kebun binatang pertama di Indonesia. Dibangun pada 1864, awalnya terletak di Cikini dengan nama Planten en Dierentuin. Kemudian dipindah­kan ke Ragunan pada 1964.

Taman Zoologi ini menjadi rumah bagi lebih dari 2 ribu he­wan dari Indonesia dan seluruh dunia, mewakili lebih dari 270 spesies, ditumbuhi lebih dari 20 ribu pohon.

Baca juga : SBY Ogah Cawe-cawe

Kebun binatang ini bertujuan untuk menyediakan habitat yang alami dan nyaman bagi hewan-hewan sekaligus menawar­kan pengalaman pendidikan, rekreasi dan pusat konservasi. Di sini, pengunjung dapat mengun­jungi Pusat Primata Schmutzer, rumah berbagai primata eksotis termasuk orangutan, gorila, sim­panse dan primata langka.

Selain Primate Center, terse­dia fasilitas lain untuk disam­bangi seperti Zona Rekreasi, Kebun Binatang Anak, Taman Refleksi dan taman luas yang mengelilingi area tersebut, yang meliputi jalur jogging, area piknik, dan danau.

Kebun Binatang Ragunan dibuka untuk umum setiap hari kecuali hari Senin (tutup karena pemeliharaan) dari pukul 07.00-16.00 WIB.

Baca juga : Menggigil Kedinginan, Hasto Kaget HP-Tas Disita

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 12 Juni 2024 dengan judul Pengunjung Terus Meningkat, Kebun Binatang Ragunan Dibikin Lebih Seru Dong

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.