Dark/Light Mode

Wakili Jokowi Bahas Gaza Di Yordania

Pamor Prabowo Menyala

Selasa, 11 Juni 2024 07:30 WIB
Menteri Pertahanan Republik Indonesia , Prabowo Subianto, mendarat di Queen Alia International Airport (QAIA), Amman, Yordania, pada Senin, 10 Juni 2024. (INSTAGRAM kemhanri)
Menteri Pertahanan Republik Indonesia , Prabowo Subianto, mendarat di Queen Alia International Airport (QAIA), Amman, Yordania, pada Senin, 10 Juni 2024. (INSTAGRAM kemhanri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden terpilih, Prabowo Subianto hari ini melakonitugas penting, mewakili Presiden Joko Widodo di konferensitingkat tinggi bertajuk “Call for Action : Urgent Humanitarian Response for Gaza” di Yordania. Konferensi ini, untuk merespons seruan perdamaian di Palestina.

“KONFERENSI ini diseleng­garakan bersama oleh Kerajaan Hasyimiyah Yordania, Republik Arab Mesir, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 11 Juni 2024 di Yordania,” jelas keteranganTim Media Prabowo, ke­pada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menuju konferensi pentingini, Prabowo sudah tiba di Queen Alia International Airport (QAIA), Amman, Yordania, kemarin. Kedatangan Prabowo yang saat ini masih menjabat Menteri Pertahanan (Menhan) itu untuk memenuhi undangan Presiden Republik Arab Mesir, Abdel Fattah El Sisi; Raja Kerajaan Hashimi Yordania, Abdullah II ibn Al Hussein, dan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Antonio Guterres kepada Presiden Jokowi pada 30 Mei 2024.

Baca juga : Lagi, 37 Bus Pariwisata Ditemukan Tak Laik Jalan

Kedatangan Prabowo di Bandara Queen Alia International disambut jajaran kehormatan dan para pejabat tinggi, yaitu Menteri Negara Urusan Perdana Menteri, Ibrahim Mashhour Al Jazi; Gubernur Amman Yasser Adwan; Wali Kota Amman, Yousef Sawarbeh, serta Atase Pertahanan (Athan) RI untuk Mesir di Kairo, Kolonel Kav Aria Sanggita Saleh.

Prabowo bersama jajaran pejabat tinggi Yordania tersebut kemudian bergegas menuju Hotel The Ritz Carlton, Amman, Yordania. Selanjutnya, Prabowo yang didampingi Wakil Ketua Komisi I DPR, Sugiono menuju hotel dan disambut Dubes RI di Amman, Ade Padmo Sarwono dan Karo Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI, Edwin Adrian Sumantha.

Konferensi ini, diselenggarakan sehubungan dengan seruan gencatan senjata di Gaza, dengantujuan agar para kepala negara dapat mengidentifikasi cara-cara memperkuat tang­gapan komunitas internasional terhadap bencana kemanusiaan yang sedang berlangsung. “Dengan kehadiran perwakilan dari Pemerintah Indonesia dalam konferensi ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya bersama mengatasi krisis kemanusiaan di Gaza,” lanjut keterangan Tim Media Prabowo.

Baca juga : PKS Jakarta Bimbang

Guru Besar Hukum Internasional UI, Hikmahanto Juwana me­nyambut baik kehadiran Menhan Prabowo di acara ini. Prabowo, diklaim memiliki bekal dari Forum Shangri-La Dialogue yang digelar 1 Juni 2024 lalu di Singapura.

Dalam acara itu, dia sudah memaparkan kesiapan Indonesia mengirim pasukan penjaga per­damaian dan juga menyiapkan rumah sakit untuk merawat korban konflik Gaza. "Apa yang disampaikan Menhan Prabowo adalah dalam rangka mewujudkan Koalisi Kemanusiaan atau Coalliton of Humanity, dan ini dapat menjadi tawaran Indonesia bagi negara-negara yang hadir di KTT Yordania," kata Hikmahanto, kemarin.

Saat ini, menurut Hikmahanto, memang sudah banyak negara yang ikut mengecam tindakan Israel di Palestina, khusus­nya Gaza. Bahkan, mahasiswa hingga masyarakat dari negara-negara di Eropa dan Amerika Serikat juga ikut turun dalam isu ini.

Baca juga : Yuk Ah, Saatnya Kita Berantas Habis Judol

"Pak Prabowo sudah berani menginisiasi tindakan konkret dan berani. Konkret karena pasukan militer Indonesia bisa di-deploy atau dikerahkan, kapan saja pada saat gencatan senjata disetujui," tutur Hikmahanto.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.