Dark/Light Mode

Efek Program Bansos Dan Latihan Kerja

Hore, Kemiskinan Di Jakarta Turun

Jumat, 28 Juni 2024 06:50 WIB
Suasana rumah di bantaran kali Ciliwung kawasan Manggarai, Jakarta, Selasa (18/6/2024). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengungkapkan angka kemiskinan ekstrem menurun. (Foto: NG Putu Wahyu Rama/RM)
Suasana rumah di bantaran kali Ciliwung kawasan Manggarai, Jakarta, Selasa (18/6/2024). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengungkapkan angka kemiskinan ekstrem menurun. (Foto: NG Putu Wahyu Rama/RM)

 Sebelumnya 
“Jangan sampai datanya sim­pang siur, karena program tanpa data yang clear akan sia-sia,” kata Tri.

Program konvergensi penanggulangan kemiskinan meli­puti pengurangan beban penge­luaran masyarakat, peningkatan pendapatan masyarakat dan penurunan jumlah kantong-kantong kemiskinan.

Tri menyebut, perlu adanya koordinasi intensif dari semua Ketua TKPK kota/kabupaten untuk memastikan seluruh pen­duduk pada peringkat kesejahteraan terendah memperoleh intervensi yang memadai.

“Prioritas Pemprov DKI Jakarta saat ini pada chronic poor, yaitu penduduk yang ada dalam kelompok miskin dan sulit keluar dari kemiskinannya,” jelasnya.

Baca juga : Paraguay Vs Brazil, Duel Pelampiasan

Untuk itu, Tri meminta inspektorat agar dapat memperhatikan pengawasan program-program penanggulangan kemiskinan Pemprov DKI Jakarta agar dapat berjalan dengan baik.

“Target pada tahun ini adalah mencapai tingkat kemiskinan sebesar 3,79 persen dan tingkat kemiskinan ekstrem di posisi 0 persen,” pungkasnya.

Asisten Kesejahteraan Sekda Provinsi DKI Jakarta Widyastuti menekankan pentingnya evaluasi dan monitoring jaring penga­man sosial yang telah dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Realisasi bansos dan pelatihan kerja harus dievaluasi, untuk melihat apakah program tersebut tepat sasaran.

“Kami berharap dana yang telah digulirkan untuk mengu­rangi beban masyarakat me­lalui jaring pengaman sosial betul-betul diterima oleh yang berhak,” kata Widyastuti.

Baca juga : Pecco Pengen Kuasai Assen

Dia menyebutkan, Pemprov DKI Jakarta memiliki strategi pengentasan kemiskinan melalui tiga langkah strategis. Pertama, pengurangan beban pengeluaran masyarakat. Kedua, mening­katkan produktivitas masyara­kat. Dan ketiga, mengurangi kantong-kantong kemiskinan.

“Apakah pendekatan ini su­dah tepat? Saya mengajak para sumber, Dinas dan bapak ibu sekalian untuk lebih cermat lagi melakukan evaluasi dan moni­toring di lapangan,” ujarnya.

Seperti bantuan pangan atau jaring pengaman sosial digu­nakan dengan semestinya.

“Contoh bansos digunakan untuk membeli rokok atau biaya konsumtif lainnya. Hal ini tentu menjadi PR,” ucap Widyastuti.

Baca juga : KPK Tetapkan Tersangka Korupsi Penyaluran Banpres

Hal ini, lanjut dia, perlu di­monitoring agar bantuan yang bertujuan mengurangi beban pengeluaran masyarakat terse­but, tidak disalah gunakan.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat, 28 Juni 2024 dengan judul Efek Program Bansos Dan Latihan Kerja, Hore, Kemiskinan Di Jakarta Turun

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.