Dark/Light Mode

Promosi Wisata, Jurnalis Asing Diajak Muter Jakarta

Rabu, 3 Juli 2024 06:50 WIB
Anggota Komisi B De­wan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Suhud Alynudin. (Foto: DPRD DKI Jakarta)
Anggota Komisi B De­wan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Suhud Alynudin. (Foto: DPRD DKI Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memanfaatkan momen libur sekolah untuk mempromosikan destinasi liburan di Ibu Kota. Sejumlah jurnalis asing diajak berkeliling Jakarta. Dewan berharap, layanan transportasi umum dan promosi wisata terus ditingkatkan.

Anggota Komisi B De­wan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Suhud Alynudin meminta, Dinas Pari­wisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) meningkatkan kenyamanan tempat pariwisata dan gencar mempromosikannya melalui media sosial.

Bersamaan dengan itu, Dinas Perhubungan (Dishub) harus meningkatkan kenyamanan dan kualitas layanan transportasi umum.

“Momentum liburan sekolah ini bisa dijadikan ajang promosi wisata dan transportasi. Dengan keamanan dan kenyamanan, pengunjung akan menjadikan wisata di Jakarta destinasi pilihan,” kata Suhud.

Baca juga : Diwarnai Aksi Mewek Ronaldo, Portugal Jumpa Tim Ayam Jantan

Usai merasakan transportasi umum yang aman dan nyaman, lanjut Suhud, mereka akan ter­dorong untuk beralih meng­gunakan transportasi umum.

Suhud mengimbau, warga untuk memanfaatkan transportasi umum saat mengunjungi tempat wisata. Selain menghemat biaya, menggunakan transportasi umum sebagai bentuk kontribusi dalam mengurangi kemacetan dan po­lusi udara.

Apalagi transportasi umum se­perti Moda Raya Terpadu (MRT), Transjakarta, KRL Commuter Line, dan Lintas Raya Terpadu (LRT) sudah mampu menjangkau banyak tempat wisata.

Dia mendorong Dishub DKI ikut berperan aktif dalam me­nyukseskan kegiatan promosi pariwisata.

Baca juga : Alcaraz Dan Sinner Menyala

Suhud meminta Dishub DKI mempersiapkan dan mengelola kantong parkir untuk menampung kendaraan pengunjung. Sehingga tidak terjadi penumpukan di area pintu masuk serta mencegah pungutan liar (pungli) di tempat wisata.

Hal senada diungkap Ang­gota Komisi B lainnya, August Hamonangan. Dia bilang, momen liburan kesempatan emas untuk menarik wisatawan lokal dan luar kota agar mengunjungi berbagai tempat wisata menarik di Jakarta.

Selain promosi, saran August, Dinas Parekraf menyediakan paket wisata keluarga yang me­narik, diskon dan penawaran khu­sus selama periode libur sekolah.

“Mereka bisa bekerja sama dengan influencer lokal dan nasional untuk menarik perha­tian lebih banyak orang,” kata August dalam keterangannya dikutip Senin (1/7/2024).

Baca juga : Jokowi Senang Citra Polri Membaik

Menurut dia, pengelola des­tinasi wisata memberikan ke­nyamanan dan keamanan bagi para pengunjung. Termasuk peningkatan fasilitas umum di tempat wisata, seperti toilet, tempat istirahat dan fasilitas kesehatan.

“Dinas Pariwisata harus bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memastikan ke­nyamanan dan keamanan wisa­tawan,” ucap August.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.