Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pesawat Terbang Disarankan Menghindari Jalur Sekitar Gunung Kerinci

Gunung Kerinci Erupsi, Kolom Abu Hitam & Tebal

Sabtu, 19 Januari 2019 15:07 WIB
Erupsi Gunung Kerinci yang terekam PVMBG pada Sabtu (19/1). (Foto: PVMBG)
Erupsi Gunung Kerinci yang terekam PVMBG pada Sabtu (19/1). (Foto: PVMBG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Kerinci di Jambi, Sumatera Barat mengalami erupsi pada Sabtu (19/1) pukul 07.34 WIB. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Kerinci melaporkan, tinggi kolom abu teramati ± 200 m di atas puncak (± 4.005 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna hitam, dengan intensitas tebal condong ke arah Timur dan Tenggara. Selain itu, juga terjadi tremor menerus 0,5-2 mm, dominan 0,5 mm.

Berita Terkait : Gunung Agung Erupsi, Soputan & Karangetan Siaga

Saat ini, Gunung Kerinci berstatus Level II (Waspada). Terkait status tersebut, PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Kerinci dan pengunjung/wisatawan, untuk tidak  mendaki kawah yang ada di puncak Gunung Kerinci, dalam radius 3 km dari kawah aktif. Masyarakat dilarang beraktivitas di dalam radius bahaya atau Kawasan Rawan Bahaya (KRB) III.

Baca Juga : Pimpinan PKS Rajin Rapat Di Kantor DPP

Selain itu, PVMBG juga menyarankan pesawat terbang untuk menghindari jalur di sekitar Gunung Kerinci, karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu penerbangan. [HES]

Baca Juga : Ngeri, Narkoba Menyusup Kemasan Abon Lele & Teri Medan