Dewan Pers

Dark/Light Mode

Penumpang Tujuan Depok/Bogor Pindah Ke Jalur 4,5, dan 8

Mulai Besok, Jalur 10 Stasiun Manggarai Ditutup 45 Hari

Selasa, 22 Januari 2019 20:35 WIB
Stasiun Manggarai akan dibangun menjadi 3 lantai yang memisahkan perjalanan KRL lintas Bogor/Depok-Jatinegara/Jakarta Kota, KRL lintas Bekasi-Jakarta Kota, kereta bandara, dan kereta jarak jauh. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)
Stasiun Manggarai akan dibangun menjadi 3 lantai yang memisahkan perjalanan KRL lintas Bogor/Depok-Jatinegara/Jakarta Kota, KRL lintas Bekasi-Jakarta Kota, kereta bandara, dan kereta jarak jauh. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) terpaksa menutup jalur 10 Stasiun Manggarai selama 45 hari, terhitung 23 Januari sampai 8 Maret 2019, sehubungan dengan upaya mempercepat revitalisasi stasiun transit tersebut.

“Jalur 10 Stasiun Manggarai tidak bisa melayani naik dan turun penumpang, karena adanya pekerjaan konstruksi dengan alat berat. Karena itu, demi keamanan dan keselamatan para pengguna jasa, jalur 10 kami tutup selama 45 hari. Ketentuan ini berlaku mulai besok,” ujar VP Corporate Communications PT KCI Eva Chairunisa dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/1).

 

Pengalihan jalur di Stasiun Manggarai. (Foto: Humas KCI)

Dengan ditutupnya jalur 10 Stasiun Manggarai, maka penumpang tujuan Depok/Bogor akan dilayani di jalur 8, 5, dan 4. Selain melayani tujuan Depok/Bogor, jalur 5 Stasiun Manggarai juga melayani tujuan Jatinegara dan Jakarta Kota. Sedangkan jalur 4, selain melayani tujuan Depok/Bogor, juga melayani tujuan Bekasi/Cikarang.

Setelah revitalisasi selesai pada 2021, Stasiun Manggarai akan dibangun menjadi 3 lantai yang memisahkan perjalanan KRL lintas Bogor/Depok-Jatinegara/Jakarta Kota, KRL lintas Bekasi-Jakarta Kota, kereta bandara, dan kereta jarak jauh.

Saat ini, pekerjaan revitalisasi Stasiun Manggarai masih berada dalam proses pembangunan. Terutama, di jalur 8,9, dan 10. Jalur 8 dan 10 merupakan jalur aktif yang saat ini dikhususkan untuk KRL lintas Jatinegara-Depok/Bogor dan Jakarta Kota-Depok/Bogor. Sedangkan jalur 9, dikhususkan untuk kereta bandara.

Untuk diketahui, PT KCI mengoperasikan 936 perjalanan KRL dengan 71 persen perjalanan di antaranya melintasi Stasiun Manggarai. Stasiun yang menjadi sentral pertemuan empat arah (Bogor, Bekasi, Tanah Abang, dan Jakarta Kota) itu juga dilalui 725 perjalanan kereta per hari, sehingga menjadikan Stasiun Manggarai sebagai stasiun tersibuk di Jabodetabek. [HES]

 

Baca Juga : Ratusan Warga Jepara Terisolasi

RM.id  Rakyat Merdeka -