Dark/Light Mode

Banyak Genangan Saat Hujan, Pemprov DKI Salahkan Sampah

Minggu, 2 Februari 2020 20:14 WIB
Banjir setinggi 40-50 cm di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Minggu (2/2). (Foto: TMC PMJ)
Banjir setinggi 40-50 cm di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Minggu (2/2). (Foto: TMC PMJ)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta menimbulkan banyak genangan, Minggu (2/1). Pemprov DKI Jakarta berkilah, genangan gampang terjadi karena banyak sampah di saluran air.

“Hujan kan turun, lalu airnya mampir dulu nih. Kan ada sampah (di saluran),” kata Kepala Dinas Sumber Daya Air Pemprov DKI Jakarta, Juaini Yusuf, Minggu (2/2).

Baca juga : Alasan Banyak Gangguan, Nasdem Pengin DPR Dijaga Pam Opsus dari Brimob

Karena itu, kata dia, setiap ada genangan air yang muncul di jalan-jalan karena hujan, pasukan biru SDA DKI akan turun ke titik genangan tersebut untuk membersihkan drainase dari sampah-sampah. Sehingga aliran air hujan dapat mengalir dengan cepat ke dalam drainase dan mempercepat waktu surut genangan air di jalan-jalan.

“Makanya Satgas kita stand by juga. Kalau ada yang mampet (karena sampah), dikeruk biar lancar,” ujar Juaini Yusuf.

Baca juga : Gagal Tangani Coronavirus, Wali Kota Wuhan Siap Mundur

Ketika ditanya dalam musim penghujan, langkah jangka pendek untuk mengantisipasi genangan air yang mudah muncul, meski hujan tidak begitu deras, Juaini mengatakan pihaknya akan memaksimalkan pompa-pompa air yang dimiliki Dinas SDA DKI.

“Ya paling kita maksimalkan penggunaan pompa yang ada. Nah terus kita kan dari tahun kemarin, ada juga pembangunan waduk yang sudah mau selesai. Yang sudah kita bangun di Kampung Rambutan, Pondok Ranggon,” terang Juaini Yusuf. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.