Dark/Light Mode

Menang Telak Dari Nurmansjah Lubis, Riza Patria Terpilih Jadi Wagub DKI

Senin, 6 April 2020 15:21 WIB
Suasana rapat paripurna pemilihan Wagub terpilih DKI Ahmad Riza Patria oleh DPRD DKI, Senin (6/4) yang bisa disaksikan melalui kanal live streaming YouTube resmi Pemprov DKI Jakarta. (Foto : DIR/RM)
Suasana rapat paripurna pemilihan Wagub terpilih DKI Ahmad Riza Patria oleh DPRD DKI, Senin (6/4) yang bisa disaksikan melalui kanal live streaming YouTube resmi Pemprov DKI Jakarta. (Foto : DIR/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Politisi Gerindra, Ahmad Riza Patria, terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta menggantikan Sandiaga Uno.

Dia menang telak dari calon yang diusung PKS, Nurmansjah Lubis pada pemilihan yang digelar DPRD hari ini.

DPRD DKI Jakarta telah menuntaskan proses pemilihan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI dalam Rapat Paripurna , Senin (6/4).

Rapat Paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi bersama wakilnya: Mohamad Taufik, Abdurrahman Suhaimi, Misan Samsuri, dan Zita Anjani.

Baca juga : Keppres Diteken, Riza Patria Siap Jadi Wakil Baru Anies

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama sejumlah pejabat teras Pemprov DKI Jakarta hingga jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga turut hadir.

Rapat Paripurna yang digelar berdasarkan Surat Ketua DPRD DKI Jakarta Nomor 315/-071.78 tentang Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta ini ditayangkan secara streaming lewat kanal YouTube resmi Pemprov DKI Jakarta.

Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Cawagub DPRD DKI Jakarta, Farazandi Fidinansyah mengatakan, proses pemilihan Wagub DKI hari ini dihadiri 100 orang, yang terdiri atas pimpinan dan anggota DPRD DKI. 6 legislator yang dinyatakan absen atau terlambat.

Dari 100 suara yang telah dihitung, Cawagub nomor urut 1, Ahmad Riza Patria memperoleh 81 suara. Cawagub nomor urut 2, Nurmansjah Lubis mendapatkan 17 suara. Sedangkan, 2 suara lain dinyatakan tidak sah.

Baca juga : Cawagub DKI: Nurmasyah dan Riza Patria Siapa Kuat ?

“Jadi, total genap 100 itu sudah dipindahkan, dihitung dan saksi-saksi sudah ada. Alhamdulillah, ini menjadi acara pertama pemilihan Wakil Gubernur mungkin yang pertama di Jakarta, yang telah diselenggarakan secara demokratis di tengah wabah (Corona) dan di tengah kondisi yang sangat krusial,” kata Farazandi.

Dia memastikan, DPRD telah menerapkan protokol kesehatan dan keamanan secara optimal dalam agenda paripurna pemilihan Wagub DKI Jakarta 2017-2022. Seperti, social and physical distancing, hingga mengoptimalkan penyediaan alat kesehatan (alkes) kepada seluruh hadirin dan peserta rapat.

Setelah proses pemilihan ini, DPRD DKI akan segera memproses nama cawagub terpilih untuk disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Proses tersebut diharapkan bisa dilakukan sebelum berakhirnya masa kerja Panlih pada 15 April mendatang.

Baca juga : Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah Lubis, Resmi Jadi Kandidat Cawagub DKI

“Tinggal satu langkah lagi. Kami mengirimkan berita acara hasil penetapan Wakil Gubernur terpilih ke Kementerian Dalam Negeri. Setelah itu selesai. Semoga bisa terlaksana sebelum SK kami (panlih) kadaluarsa, yaitu pada 15 April. Harusnya 1 hari 2 hari ini langsung proses pengiriman ke Kemendagri,” ungkap Farazandi.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DPRD Provinsi DKI Jakarta Hadameon Aritonang mengatakan, pihaknya akan segera menindaklanjuti berita acara penetapan hasil Cawagub DKI terpilih sebagai bukti otentik proses administrasi sebelum diserahkan kepada Kemendagri.

“Surat ke Presiden melalui Kementerian Dalam Negeri, mudah-mudahan bisa kita siapkan besok. Setelah itu, tinggal nunggu SK,” ujarnya. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.