Dark/Light Mode

Terkait Larangan Mudik, Polda Metro Sekat Jalur Keluar Masuk Jakarta

Rabu, 22 April 2020 13:53 WIB
Situasi di Jalan Jenderal Sudirman Jakarta Pusat pasca diberlakukannya PSBB. (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)
Situasi di Jalan Jenderal Sudirman Jakarta Pusat pasca diberlakukannya PSBB. (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polda Metro Jaya akan melakukan penyekatan jalur keluar dan masuk Jakarta terkait kebijakan pelarangan mudik yang diterbitkan pemerintah.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo mengatakan penyekatan itu akan dilaksanakan secara terpadu dalam Operasi Ketupat Jaya 2020.

"Pelarangan mudik ini dilakukan dengan melakukan penyekatan dan pemeriksaan terhadap kendaraan-kendaraan yang melintasi checkpoint-checkpoint yang pada Operasi Ketupat ini dinamakan pospam," kata Sambodo di Mako Polda Metro Jaya, Rabu (22/4).

Dia menegaskan larangan mudik hanya berlaku bagi kendaraan yang angkutan penumpang baik umum maupun pribadi. Sedangkan kendaraan angkutan barang tidak dikenakan pembatasan apapun.

Baca juga : Peringati Hari Kartini, Bamsoet Serahkan Ratusan Bantuan Sembako di Jakarta Utara

"Larangan mudik ini hanya berlaku untuk kendaraan angkutan penumpang baik umum maupun pribadi termasuk roda dua," ujarnya.

Sambodo mengatakan Operasi Ketupat Jaya 2020 akan dimulai pada Jumat pukul 00.00 WIB dan berakhir pada H+7. "Operasi Ketupat terkait dengan pelarangan mudik ini akan kita mulai hari Kamis malam atau Jumat pukul 00.00 WIB, akan kita mulai secara serentak di seluruh Indonesia dan akan berakhir nanti H+7 setelah Lebaran," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusri Yunus mengatakan pelaksanaan penyekatan itu akan dilakukan melalui 19 pos pengamanan (pospam) yang terdiri dari 3 pospam besar di jalan tol dan 16 pospam di wilayah Polres dan jalur arteri.

"Ada tiga pospam besar khusus d jalan tol, ada di tol yang mengarah ke Jawa Barat di GT Cikarang Barat, ke Bogor di GT Cimanggis, dan GT Bitung yang mengarah ke Merak," kata Yusri.

Baca juga : Aturan Larangan Mudik Perlu Segera Diformulasikan

Sedangkan Pospam lainnya tersebar di:

1. Tangerang Kota dengan lima pospam.

2. Tangerang Selatan dengan dua pospam.

3. Depok dengan dua pospam.

Baca juga : Kemenhub Buka Opsi Larangan Mudik Jika Corona Makin Ganas

4. Bekasi Kota dengan tiga pospam.

5. Bekasi Kabupaten dengan empat pospam. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.