Dark/Light Mode

Besok Tempat Rekreasi Di DKI Mulai Dibuka

Pastikan Protokol Ketat Dimulai Dari Pintu Gerbang

Jumat, 19 Juni 2020 06:36 WIB
Petugas tengah melakukan penyemprotan disinfektan di area Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (17/6). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama)
Petugas tengah melakukan penyemprotan disinfektan di area Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (17/6). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama)

RM.id  Rakyat Merdeka - Besok bertambah lagi keran ekonomi di Jakarta yang dibuka. Sejumlah tempat wisata, seperti Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Monumen Nasional (Monas) dan Taman Margasatwa Ragunan, mulai kembali beroperasi.

Mengingat virus corona atau Covid-19 masih merajalela, warga Jakarta yang mau rekreasi disarankan kudu rapid test dan swab test atau Polymerase Chain Reaction (PCR) terlebih dulu.

“Biar Covid-19 tidak menyebar secara pesat. Sebab, faktanya virus mematikan itu masih merajalela. Kalau saya sih, masih takut ke tempat wisata sebelum semua pengunjung rapid test dan swab test,’’ papar Adrian, warga Jakarta Utara, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Menparekraf Wishnutama Puji Penerapan Protokol Kesehatan Di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Hal sama disampaikan Pengamat Perkotaan dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga. Supaya lebih aman, pengunjung yang menggunakan angkutan umum, begitu turun dari halte harus dilakukan cek tes cepat. Sedangkan bagi pengguna kendaraan pribadi, tes cepat dilakukan dengan drive thru.

“Supaya hanya pengunjung yang benar-benar sehat, yang masuk ke kawasan wisata,’’ saran Nirwono Joga kepada Rakyat Merdeka.

Sedangkan tes swab atau PCR, lanjutnya, dilakukan secara random kepada pengunjung sebelum keluar taman wisata. “Evaluasi harus setiap hari dilakukan. Jika ditemukan ada pengunjung yang reaktif, dan bahkan positif, pengelola dan Pemprov DKI Jakarta harus langsung menutup operasional taman wisata,” tegasnya.

Baca juga : Pemprov Jabar Ubah Peraturan Protokol Kesehatan Di Lingkungan Pesantren

Selain itu, kata Nirwono, pengelola taman wisata wajib menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Pengawasan harus dilakukan sejak di pintu gerbang.

“Jika ada pengunjung yang tak sehat langsung dilarang masuk taman wisata. Pastikan masker pengunjung dan pengelola tidak lepas. Jaga jarak dan cuci tangan. Intinya penerapan protokol kesehatan yang sudah ketat dan bagus ini, harus dijalankan konsisten,” paparnya.

Tiket Online

Baca juga : Media Dibungkam, Kebebasan Pers Filipina Makin Terancam

Yang unik, aturan masuk ke Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, bukan beli tiket di loket seperti biasa. Tapi harus daftar online. Syarat pendaftarannya harus ber-KTP Jakarta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.