Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Besok Tempat Rekreasi Di DKI Mulai Dibuka

Pastikan Protokol Ketat Dimulai Dari Pintu Gerbang

Jumat, 19 Juni 2020 06:36 WIB
Petugas tengah melakukan penyemprotan disinfektan di area Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (17/6). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama)
Petugas tengah melakukan penyemprotan disinfektan di area Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (17/6). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama)

 Sebelumnya 
Pendaftaran dibuka setiap H-1 kunjungan saja. Tidak bisa pesan seminggu atau beberapa hari sebelumnya. Bila tak jadi berkunjung, maka pendaftaran untuk hari itu dinyatakan hangus.

Saat berkunjung, pastikan membawa bukti pendaftaran yang ada di HP atau menunjukan DKI Jakarta yang terdaftar ke petugas.

Pintu masuk kebun binatang seluas 140 hektar ini yang dibuka hanya Pintu Utara, Jalan Harsono RM dan Pintu Barat di Jalan Kaveling Polri Cilandak KKO. Anak-anak usia 0 sampai 9 tahun, dan lansia usia lebih dari 60 tahun, haram masuk.

Baca juga : Menparekraf Wishnutama Puji Penerapan Protokol Kesehatan Di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Jam operasional Ragunan juga dibatasi dari pukul 08.00 hingga 13.00 WIB. Pusat Primata Schmutzer (PPS), Taman Satwa Anak, kuda tunggang, kuda bendi, kereta keliling, penyewaaan sepeda, dan permainan anak, masih ditutup sementara.

“Selain untuk menekan risiko persebaran Covid-19, pembatasan dilakukan juga untuk mengurangi stres pada hewan setelah lama tidak dilihat oleh masyarakat umum,” ungkap Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati.

Sejumlah protokol kesehatan ketat pun berlaku, seperti pengecekan suhu badan sebelum memasuki area Ragunan. Jika suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat celcius, maka tidak diizinkan masuk.

Baca juga : Pemprov Jabar Ubah Peraturan Protokol Kesehatan Di Lingkungan Pesantren

"Untuk tahap pertama hanya 1.000 orang dan itu khusus untuk warga DKI Jakarta saja. Belum boleh dari luar DKI (Jakarta),” kata Kepala Unit Pengelola TMR, Widodo.

Pengelola TMR menyediakan keset disinfektan di pintu masuk, dan sejumlah tempat cuci tangan, hand sanitizer yang disebar di puluhan titik. Untuk tempat ibadah, pengunjung wajib membawa alat shalat sendiri. Pengunjung wajib mengenakan masker yang dibawa sendiri dari rumah dan juga hand sanitizer.

Selain itu, kewajiban lain adalah menjaga jarak fisik. Pengunjung tidak dibolehkan berkerumun lebih dari lima orang. Demikian pula di tempat makan. Tempat kuliner dibuka secara bergantian, 50 persen setiap hari.

Baca juga : Media Dibungkam, Kebebasan Pers Filipina Makin Terancam

Seluruh petugas dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, pelindung wajah dan sarung tangan. Pengunjung Dibatasi Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, dibuka bertahap di sejumlah lokasi. Yakni kawasan pantai, unit rekreasi, tempat makan, merchandises, dan hotel.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.