Dark/Light Mode

Besok Tempat Rekreasi Di DKI Mulai Dibuka

Pastikan Protokol Ketat Dimulai Dari Pintu Gerbang

Jumat, 19 Juni 2020 06:36 WIB
Petugas tengah melakukan penyemprotan disinfektan di area Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (17/6). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama)
Petugas tengah melakukan penyemprotan disinfektan di area Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (17/6). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama)

 Sebelumnya 
Seluruh pengunjung, tamu, mitra, dan karyawan Ancol dibatasi 50 persen. Pengunjung dengan riwayat kesehatan dan atau penyakit penyerta (komorbid), dilarang masuk. Jaga jarak di antrean, tempat ibadah, dan toilet akan diterapkan.

Manajemen tidak melayani pembelian loket secara tunai di lokasi. Pemesanan dan pembelian tiket hanya lewat online dan di aplikasi Ancol App.

Sementara Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, dibuka seluruh wahana wisata. Pengunjung hanya 50 persen dari total kapasitas tampung wisatawan sekitar 60.000 orang. Pengunjung hanya masuk dari dua pintu.

Baca juga : Menparekraf Wishnutama Puji Penerapan Protokol Kesehatan Di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Direktur Utama TMII, Tantribali Lamo menjelaskan, kapasi￾tas setiap wahana juga dipastikan dibatasi. MisalnyaTaman Burung yang berkapasitas 900 orang akan dibatasi menjadi 450 pengunjung.

Selain pembatasan jumlah wisatawan, TMII juga menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung berupa penyediaan fasilitas cuci tangan, pengecekan suhu tubuh, masker, hingga batasan jarak pada koridor antrean.

Pengunjung yang tidak bawa masker, akan diberi gratis. Bila dalam proses pengecekan ada pengunjung yang bersuhu tubuh lebih tinggi dari normal, akan dirujuk menuju sejumlah rumah sakit yang telah bekerja sama dengan pengelola TMII.

Baca juga : Pemprov Jabar Ubah Peraturan Protokol Kesehatan Di Lingkungan Pesantren

Semprot Disinfektan

Sebelum dibuka, tempat rekreasi di Jakarta akan disemprot disinfektan terlebih dahulu. Misalnya Ragunan, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) DKI Jakarta menerjunkan 11 unit kendaraan damkar, 13 unit penyemprot portabel dengan 86 personel.

Penyemprotan disinfektan di area kandang satwa dan fasilitas di dalamnya dilakukan oleh pengelola Ragunan. Sedangkan penyemprotan disinfektan di Taman Impian Jaya Ancol diturunkan 10 unit mobil damkar dan 80 personel.

Baca juga : Media Dibungkam, Kebebasan Pers Filipina Makin Terancam

Penyemprotan menyasar hanya area luar, seperti pantai, jalan, pos polisi terpadu, masjid, hingga sentra parkir. Sedangkan khusus untuk area dalam, penyemprotan disinfektan dilakukan pengelola secara berkala.

Sementara di Monas, Jakarta Pusat, disemprot empat titik, yakni tiga titik di kawasan bagian luar Tugu Monas dan satu titik di dalam kawasan Tugu Monas. “Penyemprotan berskala besar difokuskan pada area publik dan fasilitas umum seperti trotoar serta jalan jelang pembukaan (tempat rekreasi),” ujar Kadis PKP DKI Jakarta, Satriadi Gunawan. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.