Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sudah Dilarang, Lansia dan Anak-anak Masih Juga Datang ke CFD, Katanya Nggak Tahu...

Minggu, 21 Juni 2020 13:51 WIB
Tampak anak-anak ikut datang ke acara Car Free Day pertama di masa PSBB transisi, Minggu (21/6). Padahal, Pemprov DKI sudah melarang anak-anak, lansia, dan mereka yang sedang tidak sehat datang ke acara ini. (Foto: Dwi Pambudo)
Tampak anak-anak ikut datang ke acara Car Free Day pertama di masa PSBB transisi, Minggu (21/6). Padahal, Pemprov DKI sudah melarang anak-anak, lansia, dan mereka yang sedang tidak sehat datang ke acara ini. (Foto: Dwi Pambudo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menggelar hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) alias Car Free Day (CFD), Minggu (21/6).

Ini adalah CFD pertama, sejak event tersebut disetop pada 12 Maret lalu karena pandemi Covid-19.

Dalam CFD pertama di era Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, ribuan orang dan pesepeda tumpah ruah berolahraga di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin. Kegiatannya berlangsung tertib. Meskipun ada sejumlah pelanggaran yang terjadi.

Baca juga : Prabowo dan Menhan Malaysia Mantapkan Komitmen Kerja Sama

Jalanan yang biasanya dipadati kendaraan bermotor, berubah menjadi lautan manusia dan pesepeda. Momen itu dimanfaatkan betul oleh warga Ibu Kota dan sekitarnya. Sejumlah pesepeda dari daerah penyangga seperti Bekasi, Tangerang Selatan, dan Depok, berbondong-bondong menuju ke pusat Ibu Kota sejak pukul 05.00 hingga 06.00.

Pegowes yang memakai sepeda lipat, sepeda gunung dan sepeda roadbike itu ada yang datang berkelompok. Ada juga yang sendirian.

Tampak kerumunan kelompok dari mulai Bundaran HI hingga kawasan Monas. Beberapa pegowes ada yang tak mengenakan masker saat mengontel sepedanya. Sejumlah sepeda pun masih nampak membawa anak kecil. Padahal, jelas dilarang dalam aturan CFD masa PSBB Transisi.

Baca juga : Kali Ketiga, KPK Panggil Anak Nurhadi, Datang Nggak Ya?

Selain pesepeda, warga yang datang dengan berlari maupun berjalan kaki juga memadati lokasi CFD. Sayangnya, masih banyak juga yang membawa anak-anak di bawah umur, lanjut usia, dan ibu hamil. Warga pun berkerumun tak ada jaga jarak.

Petugas agak kewalahan. Padahal, petugas Satpol PP, Dishub, TNI, dan petugas kepolisian dari Polsek Menteng, Polres Metro Jakarta Pusat, serta Ditlantas Polda Metro Jaya turun membantu mengatur warga. Mereka sudah menyebar di berbagai titik.

Banyak juga yang muter-muter memperingatkan warga yang berkerumun dengan pengeras suara. "Bagi para warga diimbau untuk tidak berkerumun, menggunakan masker. Ayo jangan kumpul di trotoar, pindah berpencar," teriak petugas dari Pospol Bundaran HI.

Baca juga : Sambut Ramadhan, Bamsoet Berikan Bantuan ke Ratusan Guru Ngaji

Sejumlah petugas lainnya pun rajin berkeliling "mengusir" warga yang tak diberbolehkan datang ke CFD. Yakni ibu hamil, anak-anak dan lansia. "Mohon tidak membawa anak-anak, lansia dan ibu hamil. Perhatian, anak-anak berusia di bawah 9 tahun dan lansia di atas 60 tahun dimohon segera meninggalkan area CFD. Silakan tinggalkan arena Car Free Day," imbau petugas di Jalan Sudirman bekali-kali.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.