Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Banyak Yang Sepi, CFD di Lokasi Pengganti Sudirman-Thamrin

Minggu, 28 Juni 2020 11:44 WIB
Suasana CFD di Jalan Layang Non Tol Antasari, Jakarta Selatan, Minggu (28/6). Ada toilet mobil yang disediakan untuk para pegowes. (Foto: Info Car Free Day)
Suasana CFD di Jalan Layang Non Tol Antasari, Jakarta Selatan, Minggu (28/6). Ada toilet mobil yang disediakan untuk para pegowes. (Foto: Info Car Free Day)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di berbagai wilayah Ibu Kota pada hari ini, Minggu (28/6), tak terlalu ramai. Usaha Pemprov DKI menyebar titik keramaian terbilang berhasil.

Dari kawasan Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan Tebet Barat Dalam Raya, akses kendaraan bermotor dilaporkan sudah mulai ditutup pada pukul 06.00 WIB. Ruas jalan sekitar Kecamatan Tebet hingga ke Pertigaan Pasar Tebet menuju Jalan Gatot Subroto, dijaga dua mobil Satpol PP dan Mobil Dishub DKI Jakarta.  

 

Suasana CFD di Jalan Puri Lingkar Dalam, Jakarta Barat, Minggu (28/6). (Foto: Info Car Free Day)

Baca juga : Catat, Ini 32 Lokasi Pengganti CFD Sudirman-Thamrin

Kondisinya tak terlalu ramai. Jumlah pesepeda dan pejalan kaki yang melintas, tak banyak. Puluhan personel gabungan dari Dishub DKI, Satpol PP, hingga Polisi Militer (PM) ikut berjaga tersebar di berbagai titik di lokasi ini.

CFD di Jakarta Selatan, juga berlangsung di di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari. Sejak 06.00 hingga 09.00 WIB, JLNT ini ditutup mobil petugas. Baik dari arah Cipete menuju Blok M maupun sebaliknya, tak nampak kendaraan bermotor melintas. Lebih banyak pesepeda yang menikmati jalanan lengang ini. Sedikit sekali pejalan kaki yang lewat.

Yang menarik, petugas menyediakan toilet mobil untuk para pegowes. Di sini, pemeriksaan juga ketat. Pesepeda yang memasuki area HBKB diarahkan petugas untuk melakukan cek suhu tubuh dan diwajibkan pakai masker. 

Baca juga : Catat, Ini Lokasi Gerai SIM di 8 Mall Ibu Kota

"Enak di sini daripada di Sudirman Thamrin. Nggak terlalu padat. Bisa jaga jarak. Ketat juga jadi merasa aman. Tadi sebelum masuk jalan layang dicek suhu tubuh oleh petugas," kata Enda, pegowes yang melintas di JLNT Antasari.

Dia pun berharap CFD di JLNT Antasari diadakan kembali pekan depan, dengan ptotokol kesehatan yang ketat pula. 

Lokasi CFD lain di Jakarta Selatan, ada di jalan arteri Pondok Indah. Dari lampu lalu lintas Gandaria City hingga lampu lalu lintas Kostrad, jalanan ditutup untuk kendaraan bermotor. 

Baca juga : Cegah Kerumunan di CFD Sudirman-Thamrin, Pemprov DKI Siapkan 32 Lokasi Pengganti di 5 Wilayah

Kendaraan yang hendak melintas dari arah Kebayoran Lama menuju Pondok Indah, dialihkan menuju kiri di Lampu Lalu Lintas di Gandaria City. Kondisinya pun tak terlalu ramai. Pesepeda dan pejalan kaki tak nampak berkerumun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.