Dark/Light Mode

Banyak Yang Sepi, CFD di Lokasi Pengganti Sudirman-Thamrin

Minggu, 28 Juni 2020 11:44 WIB
Suasana CFD di Jalan Layang Non Tol Antasari, Jakarta Selatan, Minggu (28/6). Ada toilet mobil yang disediakan untuk para pegowes. (Foto: Info Car Free Day)
Suasana CFD di Jalan Layang Non Tol Antasari, Jakarta Selatan, Minggu (28/6). Ada toilet mobil yang disediakan untuk para pegowes. (Foto: Info Car Free Day)

 Sebelumnya 
CFD yang cukup ramai berlangsung di Jalan Puri Lingkar Dalam, Jakarta Barat. Warga, baik pesepeda maupun pejalan kaki memanfaatkan jalanan lengang untuk berolahraga. Ada juga sekumpulan ibu-ibu senam di kawasan ini.

Meski ramai, tak nampak kerumunan dan hampir semua warga memakai masker. Petugas gabungan, patroli muter-muter memantau dengan sepeda.

Di CFD Jakarta Timur, ratusan warga memadati Jalan Pemuda, Rawamangun untuk berolahraga. CFD di Jalan Bina Marga, Cipayung, Jakarta Timur pun cukup ramai diminati pejalan kaki.

Baca juga : Catat, Ini 32 Lokasi Pengganti CFD Sudirman-Thamrin

Di Jakarta Pusat, CFD di Jalan Gajah Mada sudah mulai diramaikan pesepeda dan pejalan kaki sejak subuh. Mereka pun disiplin mengikuti jalur yang telah disediakan petugas.

Meski tertib dan cenderung tanpa kerumunan, bukan berarti pelaksanaan CFD di 32 titik tanpa pelanggaran. Masih ada saja warga yang melepas masker, atau menggantungkannya di leher dan dagu yang luput dari pengawasan petugas.

Ada juga warga yang masih membawa serta lansia dan anak di bawah umur 9 tahun. Padahal, tidak diperkenankan.

Baca juga : Catat, Ini Lokasi Gerai SIM di 8 Mall Ibu Kota

Seperti diketahui, Pemprov DKI memindahkan CFD dari Sudirman Thamrin ke 32 lokasi di seluruh wilayah Jakarta. Sebab, CFD Sudirman-Thamrin pekan lalu terlalu padat. Warga yang datang mencapai 40.155 orang. CFD pun disebar, agar masyarakat tetap bisa bebas berolahraga, namun tetap menghindari kerumunan untuk memperkecil risiko penularan Covid-19.

Waktu pelaksanaan CFD di 32 titik ini juga hanya berlangsung  pada pukul 06.00 sampai pukul 09.00 WIB. Padahal biasanya, CFD digelar sampai pukul 11.00.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo menerangkan, waktu pelaksanaan yang singkat ini merupakan hasil koordinasi antara Ditlantas Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Baca juga : Cegah Kerumunan di CFD Sudirman-Thamrin, Pemprov DKI Siapkan 32 Lokasi Pengganti di 5 Wilayah

Untuk mengawasi 32 titik, 500 personel gabungan dari unsur TNI dan Polri disebar ke berbagai lokasi tersebut. 

Sambodo mengimbau warga tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, saat beraktivitas di CFD demi mencegah terjadinya penularan Covid-19. "Harus pakai masker. Kalau tidak, tidak boleh masuk area CFD, atau nanti dibagikan masker oleh petugas," tandasnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.