Dark/Light Mode

Penyembelihan Hingga Distribusi Sesuai Protokol Kesehatan COVID-19

Pemprov DKI Siapkan Pusat Pemotongan Hewan Kurban

Kamis, 16 Juli 2020 21:18 WIB
Peragaan penyembelihan hewan kurban dengan standar protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).
Peragaan penyembelihan hewan kurban dengan standar protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemprov DKI Jakarta menyediakan pusat pemotongan hewan kurban, yang proses penyembelihan hingga pendistribusiannya dilakukan sesuai protokol COVID-19. Kegiatan ini berpusat di Rumah Potong Hewan (RPH) PD Dharma Jaya, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria berharap, agar penyembelihan hewan kurban sesuai protokol COVID-19 di RPH. Sehingga dapat benar-benar dilakukan secara higienis.

Baca juga : Ketum DMI Minta Masjid Serukan Protokol Kesehatan, Setiap Shalat 5 Waktu

"Di masa pandemi COVID-19 ini, kami harap kegiatan pemotongan hewan kurban yang biasanya dilaksanakan di halaman rumah, tanah kosong, halaman masjid dan lain-lain, juga bisa dilaksanakan di tempat ini. Demi memastikan, seluruh rangkaian proses pemotongan hewan kurban dilaksanakan melalui proses yang higienis, sehat, bersih. Apalagi saat pandemi COVID-19 seperti sekarang," terangnya, saat peresmian di RPH PD Dharma Jaya, Kamis (16/7).

Selain itu, Iduladha, lanjut Ariza, merupakan momentum pembuktikan, bahwa masyarakat Jakarta peduli dengan memberi perhatian kepada sesama. Untuk itu dia mengajak seluruh masyarakat berkolaborasi menyambut Hari Raya ini. "Kami ajak seluruh masyarakat, instansi, badan usaha dan kita semua untuk bersama berkolaborasi. Momentum ini kita manfaatkan sebaiknya dengan cara berkurban. Karena ada Covid-19 ini, banyak saudara kita yang terdampak secara ekonominya," jelasnya.

Baca juga : Angkasa Pura II Terapkan Protokol Kesehatan Di Semua Armada Transportasi Bandara

Menurut survei World Giving Index 2018, kutip Ariza, Indonesia menduduki peringkat pertama dari 146 negara sebagai negara paling murah hati. Semangat itu pula yang diusung dalam program kolaborasi sosial berskala besar (KSBB) untuk Iduladha ini. "Saatnya kita buktikan, masyarakat Jakarta adalah masyarakat yang peduli, yang memberikan perhatian kepada sesama. Masyarakat yang tingkat sosialnya tinggi," pungkasnya. (RUS)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.