Dark/Light Mode

Cegah Penyebaran Corona

Angkasa Pura II Terapkan Protokol Kesehatan Di Semua Armada Transportasi Bandara

Selasa, 14 Juli 2020 12:20 WIB
Ilustrasi Armada Bus Damri di Bandara rutin melakukan penyemprotan cairan disinfektan guna mencegah penyebaran virus Covid-19
Ilustrasi Armada Bus Damri di Bandara rutin melakukan penyemprotan cairan disinfektan guna mencegah penyebaran virus Covid-19

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Persero) menegaskan seluruh layanan transportasi publik di bandara selalu mengutamakan protokol kesehatan guna menjaga kebersihan dan higienitas.

Direktur Operasi AP II Muhamad Wasid mengatakan, standar prosedur yang ditetapkan harus dipenuhi operator transportasi publik untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan kebandarudaraan.

Saat ini, Angkasa Pura ll telah menetapkan prosedur standar untuk pencegahan penyebaran Covid-19 yang harus dipenuhi oleh operator transportasi publik seperti perusahaan taksi, bus, hingga taksi online.

"Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap sektor penerbangan yang aman dari Covid-19 perlu dijaga dan ditingkatkan, salah satunya melalui ketersediaan transportasi publik pemadu moda yang bersih dan higienis," katanya dalam keterangan resminya, Selasa (14/7).

Baca juga : TAUZIA Hotels Regional Bogor Terapkan Protokol Kesehatan

Wasid memastikan armada transportasi publik di bandara dapat mencukupi kebutuhan, sehingga aksesibilitas masyarakat atau penumpang pesawat dapat tetap mudah untuk menuju bandara, atau sebaliknya dari bandara menuju ke tempat tinggal.

Contohnya, di Bandara Internasional Soekarno Hatta saat ini telah ditetapkan prosedur standar operasional (standard operating procedure/SOP) bagi seluruh angkutan publik di bandara.

Beberapa prosedur di Bandara Soekarno-Hatta yang harus dipenuhi oleh penyedia transportasi publik antara lain area pool di luar kawasan bandara harus menyediakan fasilitas disinfeksi.

Bagi armada yang sudah dilakukan disinfeksi harus diberi stiker penanda. Pengemudi yang bertugas harus dipastikan kesehatannya, dilakukan pengecekan suhu, tidak menunjukkan gejala Covid-19, wajib memakai sarung tangan serta masker.

Baca juga : Jalani Pemusatan Latihan, Timnas U-16 Indonesia Terapkan Protokol Kesehatan yang Ketat

Wajib disediakan hand sanitizer bagi pengemudi dan penumpang dan menyediakan stiker physical distancing pada kursi armada.

Selain itu, pengemudi harus mencuci tangan, kemudian memakai sarung tangan dan masker sebelum menjemput pelanggan di terminal penumpang pesawat.

Selain itu, counter di titik penjemputan di terminal harus menyediakan hand sanitizer dan thermal gun untuk memeriksa suhu penumpang. Petugas counter di titik penjemputan wajib menggunakan APD seperti masker dan face shield.

Di sisi lain, penumpang wajib memakai masker dan diangkut mengikuti kebijakan pemerintah serta menganjurkan pembayaran menggunakan non tunai. Setelah melakukan pelayanan harus dilakukan disinfeksi terhadap kendaraan.

Baca juga : Siapkan Benteng Pertahanan Di Semua Daerah Perbatasan

Di Bandara Soekarno Hatta saat ini sudah beroperasi tujuh operator taksi, yaitu Gamya, Primajasa, Blue Bird, Diamond, Express, Greenline, dan Silver Bird. Sementara itu, armada bus yang beroperasi dioperatori oleh Damri, Primajasa, Hiba, Agra Mas, Big Bird, dan Sinar Jaya, sedangkan untuk minibus (travel) sudah beroperasi Jackal Holidays, Lintas Shuttle, dan Primajasa Red White Star.

Untuk angkutan sewa sudah beroperasi Golden Bird, INKOPAU, Mandar Indonesia, Abhinaya, dan Koperasi Berkah Bersama Mitra.

Jumlah operator transportasi publik yang beroperasi pada bulan Juli 2020 meningkat daripada data pada bulan sebelumnya di tengah pandemi karena dengan peningkatan jumlah penumpang pesawat di Soekarno Hatta.

"Pada periode 1-12 Juli 2020, jumlah penumpang di Bandara Soekarno Hatta rata-rata mencapai 26.723 penumpang per hari atau meningkat dibandingkan dengan periode 1-30 Juni 2020 rata-rata 13.270 penerbangan per hari," jelasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.