Dark/Light Mode

Merapi 7 Kali Luncurkan Awanpanas Guguran

Sabtu, 2 Maret 2019 12:02 WIB
Visual Gunung Merapi, Yogyakarta yang terpantau pada Sabtu (2/3). (Foto: BPPTKG)
Visual Gunung Merapi, Yogyakarta yang terpantau pada Sabtu (2/3). (Foto: BPPTKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Merapi di Yogyakarta meluncurkan 7 kali awanpanas guguran pada Sabtu (2/3) pagi. Masing-masing terjadi pada pukul 4:51, 4:54, 5:03, 5:07 5:10, 5.33 dan 5.40 WIB, dengan jarak luncur maksimum 2 km.

Baca juga : Pagi Ini, Merapi Alami 8 Gempa Guguran

Dari pengamatan visual, terlihat asap solfatara warna putih, intensitas tipis, sedang hingga tebal dengan ketinggian 50 m di atas puncak. Terpantau juga guguran lava sebanyak 4 kali, dengan arah dominan ke Tenggara (Kali Gendol), dan jarak luncur 600-800 m.

Baca juga : Nissan Luncurkan All New Livina

"Awanpanas guguran dan guguran lava berpotensi menimbulkan hujan abu. Untuk itu, warga Merapi diharap tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa, serta selalu mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik," imbau Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/3).

Baca juga : Hari Ini, Merapi Keluarkan 6 Awan Panas Wedhus Gembel

Saat ini, status Merapi masih berada di Level 2 (Waspada). Terkait hal ini, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan masyarakat untuk tidak beraktivitas apa pun dalam radius 3 km dari kawah. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.