Dark/Light Mode

Hari Ini, Polres Jaksel Gelar Rapid Test Di GOR Tebet Timur

Senin, 23 November 2020 16:20 WIB
Pemeriksaan rapid test untuk mencegah penyebaran Covid
Pemeriksaan rapid test untuk mencegah penyebaran Covid

RM.id  Rakyat Merdeka - Polres Metro Jakarta Selatan memfasilitasi warga Tebet yang hadir dalam kerumunan acara Maulid Nabi Muhammad SAW pada Jumat (13/11), untuk menjalani tes cepat (rapid test) Covid-19 serta pembagian sembako pada hari ini.

Acara tersebut digelar di GOR Tebet Timur, mulai pukul 14.30 WIB.

"Polres Metro Jakarta Selatan melaksanakan kegiatan rapid test dan pembagian sembako kepada warga Tebet dan kegiatan tersebut akan dihadiri oleh Kapolda Metro Jaya," kata Pjs Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Rita seperti dikutip Antara, Senin (23/11).

Kegiatan dipantau langsung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budi Sartono.

Baca juga : Cari Ketum Baru, Pertina Bakal Gelar Munas Di Labuan Bajo

Selain di Tebet, perhelatan serupa juga dilaksanakan pada hari yang sama di Megamendung, Kabupatan Bogor, Jawa Barat. Disusul acara pernikahan putri Rizieq di Petamburan, Jakarta Pusat yang juga dibarengi acara Maulid Nabi Muhammad SAW pada Sabtu (14/11).

Kerumunan massa yang hadir dalam ketiga kegiatan tersebut telah memunculkan klaster baru kasus Covid-19 di tiga wilayah tersebut.

Berdasarkan hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) di Labkesda pada 21 November 2020, ditemukan 50 kasus positif di Tebet, dan 30 kasus di Petamburan.

Di Megamendung, dari 559 orang yang menjalani tes, 20 orang dinyatakan positif Covid-19.

Baca juga : Hari Ini Layanan Perpanjang SIM Di Jakarta Ada Di 5 Lokasi

Segera Tes PCR

Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo meminta warga di tiga kawasan: Tebet, Megamendung, dan Petamburan untuk segera melakukan tes PCR, berkoordinasi dengan RT/RW setempat.

Satgas Covid-19 telah menyebarkan tes usap antigen sebanyak 2.500 unit kepada Puskesmas, yang berada di kawasan berpotensi terjadi peningkatan kasus Covid-19, seperti DKI Jakarta dan Jawa Barat.

"RT dan RW di Tebet, Petamburan dan Megamendung dapat berkoordinasi dengan Puskesmas di wilayah tersebut, agar masyarakatnya bisa segera mendapatkan tes PCR dengan gratis," ujar Doni.

Baca juga : Hari Ini, Pemkab Bogor Gelar Rapid Test Untuk 110 Wisatawan, Hasilnya 12 Reaktif

Tes PCR juga disarankan bagi masyarakat yang turut dalam penjemputan Rizieq Shihab di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 10 November lalu, untuk melindungi diri dan keluarga, serta upaya memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Jika pemeriksaan menunjukkan hasil positif,.masyarakat dapat melakukan isolasi di tempat yang telah disediakan pemerintah. Yaitu di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat," pungkas Doni. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.