Dark/Light Mode

Cegah Pelajar Ikut Demo, Polres Jaksel Sekat Perbatasan

Jumat, 16 Oktober 2020 15:12 WIB
Demo mahasiswa. (Foto: ist)
Demo mahasiswa. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) hari ini menggelar demo penolakan Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) di depan Istana Merdeka, Jakarta. Polres Metro Jakarta Selatan pun melakukan penyekatan di wilayah perbatasan.

Kapolres Metro Jaksel, Kombes Budi Sartono mengatakan, mengerahkan 2/3 kekuatan untuk mengawal aksi demo ini. Nantinya, anggota akan disebar di sejumlah titik penyekatan di sejumlah wilayah perbatasan dan pengamanan objek-objek vital.

Baca juga : Cegah Penularan Corona, Kemenkes Maksimalkan Tele Sehat

“Penyekatan dilakukan di batas wilayah Tangerang Selatan dan wilayah lainnya seperti di Jalan H Juanda Ciputat, Jalan Haji Baung Pondok Ranji, Jalan Pahlawan Rempoa, Jalan Raya Mars Raya Ciputat Timur dan Jalan Cirendeu Raya,” kata Budi Sartono, Jumat (16/10).

Penyekatan dilakukan untuk mencegah agar para pelajar tidak ikut demo. Ia menilai belakangan ini para siswa yang masih berusia belasan ini dimanfaatkan untuk melakukan aksi yang berujung pada kericuhan.

Baca juga : Dewan Pers Minta Polisi Jelaskan Aksi Kekerasan Pada Wartawan

“Kami tetap lakukan penyekatan di batas-batas kota, tetap adik-adik (pelajar) ini dicegah jangan sampai ke arah tempat unjuk rasa, kita benar-benar kita intensif di situ,” tutur.

Lebih lanjut Budi mengatakan, dari beberapa aksi demonstrasi yang terjadi sejak Senin (5/10) hingga Kamis (8/10) lalu, ada indikasi para pelajar diajak dengan iming-imingi diberikan sesuatu. “Jangan sampai adik-adik (pelajar) menjadi pelaku, seperti kita ketahui dua kali kemarin demo ricuhkan, walau akhirnya sebentar tidak meluas kemana-mana, tapi tetap intinya kita cegah,” tukasnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.