Dark/Light Mode

Dokter Memohon Atensi Gubernur Anies

Tidak Lama Lagi, RS Rujukan Pasien Covid-19 Bisa Kolaps

Sabtu, 28 November 2020 08:02 WIB
Ilustrasi tenaga medis Indonesia. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi tenaga medis Indonesia. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keterisian ruang isolasi dan Intensive Care Unit (ICU) di 98 Rumah Sakit (RS) Rujukan Covid-19 di Jakarta, hampir penuh. Ini warning bagi warga dan semua pihak terkait.

Kondisi ini diakui, Dokter Spesialis Paru, dr Jaka Pradipta, melalui akun Twitter-nya @jcowacko. “Dalam seminggu ini 3 dokter yang bekerja bersama dirinya di RS terinfeksi Covid, ruang isolasi untuk pasien penuh, hampir tiap hari merujuk karyawan RS yang terinfeksi ke Wisma Atlet. Kemungkinan tidak lama lagi RS Jakarta akan mulai kolaps. dimohon atensinya kepada Pak Anies Baswedan,” cuitnya.

Baca juga : Anies Siap Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19 Usai Libur Panjang

Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti saroso, Mohammad Syahril mengakui, kapasitas ruang isolasi di RS yang dia pimpin itu hampir penuh dengan pasien dan suspect Covid-19. “Tolong disampaikan, jangan ada kesan RSPI menolak pasien karena memang penuh. Tidak mungkin dimasukkan dalam ruangan yang bukan isolasi,” ujar Syahril, kemarin.

Berdasarkan data yang diunggah Pemprov DKI Jakarta dalam akun Instagram @ dkijakarta, pada 22 November lalu, hanya tinggal 25 persen dari jumlah sebanyak 6.016. Dari data tersebut, keterpakaian tempat tidur isolasi mencapai 75 persen dengan total pasien isolasi 4.521 orang.

Baca juga : Teridentifikasi Kontak Dengan Pasien Covid, Bos WHO Langsung Isolasi Mandiri

Sedangkan untuk ketersediaan tempat tidur ICU pasien Covid-19 tinggal 31 persen dari jumlah sebanyak 837. Dari data tersebut, keterpakaian tempat tidur ICU sudah mencapai 69 persen dengan total pasien ada 578 orang.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau agar warga patuh menerapkan protokol kesehatan. Sebab, penularannya begitu mudah dan masif. Maka, disiplin menerapkan protokol kesehatan agar tidak membebani sistem kesehatan.

Baca juga : Anies Sudah Pantas Naik Kelas?

"Mari kita lindungi seluruh tenaga medis, tenaga kesehatan sebagai garda pertahanan terakhir,” seru Anies.

Untuk menambah tempat tidur isolasi, pemerintah pusat telah berkolaborasi dengan berbagai hotel di Jakarta yang dapat digunakan masyarakat secara gratis. Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan sejumlah lokasi untuk tempat isolasi mandiri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.