Dark/Light Mode

Diresmikan Jokowi Minggu Besok, MRT Gratis Sampai 31 Maret

Jumat, 22 Maret 2019 15:02 WIB
MRT Jakarta baru mulai dikenai tarif pada 1 April mendatang (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)
MRT Jakarta baru mulai dikenai tarif pada 1 April mendatang (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo akan meresmikan MRT fase I Bundaran HI-Lebak Bulus Minggu (24/3). Operasi komersial akan dilakukan sehari setelahnya, Senin (25/3). Rencananya, peresmian akan dibarengi pencanangan MRT fase II Bundaran HI-Kota.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Syahbandar mengatakan pihaknya telah mengantongi izin sarana dan prasarana. Kedua izin itu diteken Gubernur Anies Baswedan pada 21 Maret 2019, melalui Keputusan Gubernur No.524 tentang Prasarana Perkeretaapian umum dan 525 tentang Sarana Perkeretaapian Umum.

“Secara legal dan teknis, MRT Jakarta telah siap beroperasi,” ujarnya di Jakarta, Jumat (22/3).

Baca juga : Naik Dari Bundaran HI, Jokowi Ikut Uji Coba MRT Jakarta

William menjelaskan, dalam sebulan pertama, akan beroperasi 7 kereta dengan 1 cadangan dan headway atau jarak keberangkatan 10 menit. Jam operasional mulai pukul 06.00 hingga 22.00 WIB.

Pada bulan berikutnya, pelayanan akan ditingkatkan dengan mengoperasikan 14 kereta dengan 2 cadangan. Headway 5 menit pada jam sibuk dan 10 menit pada jam normal. Jam operasional mulai pukul 05.00 sampai pukul 00.00 WIB.

“Jadi, selama sebulan pertama, kami akan melakukan evaluasi,” terang William.

Baca juga : Presiden Jokowi Nikmati Durian Sibolang Bareng Warga

Saat beroperasi nanti, PT MRT Jakarta akan menerbitkan kartu Jelajah. Rencananya, 300 ribu kartu singletrip dan 490 ribu kartu multitrip bakal dilempar ke pasaran dengan harga Rp15 ribu.

“Pembelian dan pengisian dilakukan melalui vending machine. Sedangkan untuk singletrip, uang pembeliannya bisa dikembalikan,” jelasnya.

Terkait hal ini, Direktur Keuangan PT MRT Jakarta Tuhiyat mengatakan, saat membeli tiket, penumpang bisa mengisi saldo di kartu sesuai tujuan. Namun, akan disesuaikan jika penumpang melewati stasiun tujuan.

Baca juga : Meraih Bintang Jadi Meraih Kemenangan

“Jadi, kalau dari Lebakbulus membeli untuk tujuan ke Blok M, dan ternyata turun di stasiun Bundaran Senayan, maka kelebihan dua stasiun itu akan dibayarkan lagi oleh penumpang,” terang Tuhiyat.

Namun, saat beroperasi 25 Maret mendatang, masih gratis. Penumpang tetap harus membeli kartu, tetapi saldonya tidak akan terpotong. “Penggratisan dilakukan sampai 31 Maret. Mulai 1 April sudah berbayar,” tegasnya. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.