Dark/Light Mode

Presiden Jokowi Tinjau Korban Tsunami Selat Sunda Di Lampung

Rabu, 2 Januari 2019 15:17 WIB
Presiden Jokowi, saat nengunjungi korban tsunami Selat Sunda di Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. (Foto: Twitter @jokowi)
Presiden Jokowi, saat nengunjungi korban tsunami Selat Sunda di Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. (Foto: Twitter @jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja untuk meninjau lokasi terdampak tsunami Selat Sunda dan lokasi pengungsi di Lampung, Rabu (2/1) pagi. Tiba di Bandara Radin Inten II Kabupaten Lampung Selatan pada pukul 09.05 WIB, Jokowi disambut Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, dan Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto.

“Lokasi yang akan dikunjungi Kepala Negara adalah Kecamatan Rajabasa dan Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, dalam siaran persnya.

Baca juga : Teridentifikasi, 11 Jenazah Korban Longsor Cisolok Sukabumi

Jokowi dan rombongan tiba di Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan pada pukul 10.50 WIB. Wilayah tersebut  berjarak 116 km dari bandara.  Jokowi meninjau bangunan yang terdampak tsunami dan berdialog dengan warga yang terkena dampak tsunami. 

Di Kecamatan Rajabasa, Jokowi meninjau bangunan yang terdampak tsunami di Desa Way Muli pada pukul 11.30 WIB. Dalam keterangan persnya, Presiden menegaskan bahwa dirinya telah memerintahkan jajarannya untuk melakukan penanganan pasca bencana tsunami dengan baik.

Baca juga : Teridentifikasi, 241 Jenazah Korban Tsunami Banten

Dalam akun Twitter-nya, Jokowi mengatakan, jejak tsunami masih terlihat jelas di Desa Kunjir dan Desa Way Muli, dua desa di Lampung Selatan yang dikunjunginya hari ini. "Selekas mungkin, kita akan masuk ke tahap rekonstruksi dan pembangunan rumah-rumah di kawasan relokasi, 400 m dari lokasi rawan tsunami" kata Jokowi. 

Selanjutnya, Presiden meninjau pasien terdampak tsunami Selat Sunda, yang sedang dirawat di rumah sakit di wilayah Kabupaten Lampung Selatan.

Baca juga : Mendagri Janji Bangun Rumah Korban Tsunami

Selesai meninjau semua lokasi, sore harinya Presiden akan menuju Bandar Udara Radin Inten II untuk kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Lampung, antara lain Menteri Koordinator Polhukam Wiranto, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.