Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jumlah Korban Meninggal Akibat Covid Naik Terus

Pemprov Ayo Buruan Kebut Siapin Makam

Kamis, 7 Januari 2021 06:50 WIB
Petugas pemakaman memasukan jenazah ke liang kubur di lokasi pemakaman Covid-19 TPU Tegal Alur, Jakarta Barat. (Foto: NG PUTU WAHYU RAMA/RM)
Petugas pemakaman memasukan jenazah ke liang kubur di lokasi pemakaman Covid-19 TPU Tegal Alur, Jakarta Barat. (Foto: NG PUTU WAHYU RAMA/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) ngebut menyiapkan pemakaman baru. Sebab, pasien positif Covid-19 terus mengalami peningkatan belakangan ini.

Pemprov DKI Jakarta kini tengah melakukan pematangkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Jakarta Utara. Pemakaman baru itu disiapkan sebab TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur dan Tegal Alur, Jakarta Barat, sudah tidak bisa menampung jenazah Covid-19.

Pantauan Rakyat Merdeka, sejumlah alat berat dan operator terlihat sibuk mengeraskan lahan untuk digunakan sebagai tempat pemakaman di Rorotan, Jakarta Utara. Sebagian lahan sudah selesai dikeraskan. Sebagian lagi masih berupa rawa atau empang.

Baca juga : Zona Merah Naik Terus, Keterisian Rumah Sakit Tinggi

Di pinggir-pinggirnya, nampak sawah atau kebon garapan warga yang baru ditanam. Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Judistira Hermawan, mendesak Pemprov DKI segera merampungkan TPU Rorotan, Jakarta Utara. Sebab, kebutuhannya sangat mendesak. Angka kematian di Jakarta terus menanjak. Sedangkan, lahan pemakaman yang tersedia sudah habis.

“Buruan diselesaikan, biar bisa digunakan,” desak Judistira, di Jakarta, kemarin.

Lahan milik Pemprov di Rorotan sangat luas. Sekitar 25 hektare (ha). Dua hektare di antaranya disiapkan untuk memakamkan 6 ribu jenazah Covid-19.

Baca juga : Yesus Kristus Benci Ketidakadilan

Judistira meminta, Pemprov DKI sigap dalam menyiapkan lahan pemakaman. Jangan menunggu kapasitas makam habis, baru melakukan persiapan.

Menanggapi ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menjanjikan, TPU Rorotan bisa digunakan mulai bulan ini. “Di Rorotan. Insya Allah sudah bisa digunakan,” kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta.

Dia memastikan, Pemprov terus bekerja menyiapkan TPU Rorotan untuk memakamkan jenazah Covid-19. Karena itu, tidak perlu ada kekhawatiran jenazah Covid-19 tidak mendapatkan lahan pemakaman.

Baca juga : Netizen Dukung Pemerintah Siapkan Nakes Dan Vaksinator

“Sekali pun di TPU Pondok Ranggon, dan di TPU Tegal Alur sudah hampir penuh, tapi di Rorotan sudah siap, jadi nanti tinggal dialihkan saja,” imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.