Dark/Light Mode

Wali Kota Jaksel Marullah Matali Terpilih Jadi Sekda DKI

Kamis, 14 Januari 2021 12:18 WIB
Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali. (Foto: Ist)
Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Marullah Matali terpilih menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta. Seperti diketahui, kursi definitif Sekda DKI Jakarta kosong sejak Saefullah wafat karena Covid-19 pada 16 September tahun lalu. Kursi peninggalan Saefullah diisi Pelaksana Tugas Sekda, Sri Hartati.

Marullah Matali yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Selatan (Jaksel) kabarnya akan dilantik menjadi Sekda DKI Jakarta, pada Jumat (14/1) besok.

Baca Juga : Khofifah: Syekh Ali Jaber Ulama Yang Peduli Penyandang Disabilitas

"Iya sudah dipilih sejak Senin. Surat Keputusannya sudah keluar. Jadwal pelantikan kemungkinan besok (Jumat)," kata Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta Syarif kepada wartawan, Kamis (14/1).

Sebelumnya, Marullah Matali meraih nilai tertinggi dalam tahapan seleksi Sekda DKI Jakarta. Dalam tes asesmen kompetensi, Marullah meraih nilai 82,22 dan mendapatkan bobot sebesar 20,56 persen. Marullah mengalahkan sembilan kandidat lainya. Di bawah Marullah, terdapat nama Sri Hartati yang menjabat Pelaksana Tugas Sekda. Sri Hartati meraih skor 80,00 dengan bobot 20,00 persen. Disusul Wali Kota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko di posisi ketiga dengan skor 77,78. Kemudian berturut-turut Yusmada Faisal (77,78), Andri Yansah (77,78), Dhany Sukma (71,11), Faisal Syafruddin (73,33), Bayu Meghantara (75,56), Edi Sumantri (75,56) dan Arifin (68,89).

Baca Juga : Data Center BCA Kantongi Sertifikasi Standar Keamanan Data Global

Dalam pengumuman Hasil Tertulis dan Penulisan Makalah Dalam Rangka Seleksi Terbuka Jabatan Sekretaris Daerah dan Deputi Gubernur DKI Jakarta tahun 2020, Marullah juga meraih skor tertinggi.

Ketua Umum Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI) Jakarta Raya Syarief Hidayatulloh menyampaikan selamat atas terpilihnya Marullah Matali menjadi Sekda DKI.

Baca Juga : Yamaha Cari Pembalap Baru Pengganti Rossi Musim 2022

"Beliau, selain putra Betawi asli, keilmuan agamanya tak diragukan. Sering mengisi kajian agama di berbagai forum dan Masjid. Juga kapasitas dan pengalamannya, amat mumpuni. Terbukti dari hasil berbagai tes dalam seleksi, selalu mendapat nilai tertinggi. Semoga amanah dalam menjalankan tugas membantu Gubernur Anies Baswedan," ujar tokoh masyarakat Jakarta Selatan ini. [FAQ]