Dark/Light Mode

Nancy Pelosi, Usia 80 Tahun Terpilih Jadi Ketua DPR AS

Senin, 4 Januari 2021 15:12 WIB
Nancy Pelosi, Ketua DPR Amerika Serikat periode 2021-2023. (Foto Associated Press)
Nancy Pelosi, Ketua DPR Amerika Serikat periode 2021-2023. (Foto Associated Press)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nancy Pelosi (80) dari Partai Demokrat terpilih lagi sebagai Ketua House Representatives atau Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS), Minggu waktu setempat (3/1).

Politikus dari Partai Demokrat tersebut memperoleh 216 suara sedangkan saingannya, Kevin McCarthy dari Partai Republik, memperoleh 209 suara. Kemenangan tipis Pelosi terjadi di tengah terbelahnya anggota DPR Demokrat.

Pelosi terpaksa menerima kenyataan pahit, bahwa ada rekan separtai yang tidak mendukungnya. Mereka mengaku tidak puas atas kepemimpinan perempuan kelahiran 26 Maret itu, yang telah menjadi Ketua Fraksi Demokrat sejak 2003.

Dalam voting memilih Ketua DPR itu, akhir pekan lalu, 5 anggota Demokrat yang tidak memilih Pelosi. Dua dari mereka memilih anggota parlemen Demokrat yang tidak mencalonkan diri, sementara tiga lainnya abstein.

Berita Terkait : Panik Tetangga Kena Corona

"Saat kita dilantik, kita menerima tanggung jawab yang sulit dan penuh tuntutan seperti yang dihadapi kepemimpinan sebelumnya. Kita memulai Kongres baru ini pada masa sulit yang luar biasa," kata Pelosi ketika berpidato, saat lebih dari 350.000 penduduk Amerika meninggal akibat pandemi Covid-19.

"Sekarang adalah waktu bagi bangsa kita untuk pulih. Prioritas kita adalah terus mengalahkan virus Corona. Dan mengalahkannya, kita akan melakukannya," sambungnya.

Pelosi berjanji bahwa bantuan lebih lanjut akan mengikuti paket terbaru 892 miliar dolar AS (sekitar Rp12.534 triliun), yang disahkan Kongres pada Desember lalu.

Terpilihnya kembali Pelosi sebagai Ketua DPR artinya, tahun ini adalah yang keempat kalinya dia menduduki posisi paling penting di Negara Paman Sam itu. Ketua DPR berkesempatan menjadi Presiden bila Presiden dan Wapres AS tak bisa bertugas lagi akibat situasi darurat seperti meninggal dunia.

Berita Terkait : Trump Akhirnya Teken UU Dan Paket Stimulus Covid

Pelosi menjadi wanita pertama yang memegang posisi Ketua DPR AS. Pelosi pertama kali menjadi Ketua DPR pada 2007-2009. Lalu perido keduanya berlanjut 2009-2011.

Selanjutnya DPR dikuasai Republik. Tapi Pelosi tetap dipilih menjadi Ketua Fraksi Demokrat. Lalu pada 2019, ia kembali menjabat hingga 2021. Kemudian, terpilih lagi pada 2021-2023.

"Saya sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan Anggota kepada saya," tulisnya dalam surat kepada kaukus Partai Demokrat.

Nama Pelosi semakin dikenal setelah memakzulkan Presiden  Donald Trump di DPR, meski usaha tersebut kandas di tingkat Senat.

Berita Terkait : DKI Siap Perketat PSBB

Pelosi sebelumnya tak pernah berpikir untuk terjun ke dunia politik meski masa mudanya banyak membantu kampanye sang ayah yang merupakan politikus Partai Demokrat dan pernah menjabat sebagai Gubernur Baltimore, Maryland.

Pelosi memulai pergaulan politik di awal 1970-an setelah pindah ke San Francisco dan berteman dengan anggota Kongres AS, Phillip Burton. Sejak itu, ia dekat dengan istri Burton, Sala. Saat itu, Pelosi juga telah menikah dengan Paul Pelosi.[MEL]