Dark/Light Mode

30 Petugas Gabungan Bersihkan Puing Tembok Warga Yang Tutupi Saluran Air Di Kemang

Senin, 22 Februari 2021 16:04 WIB
Petugas gabungan membersihkan saluran air yang tertutup tembok warga di Kemang, Jakarta Selatan, Senin (22/2). (Foto: PPID DKI)
Petugas gabungan membersihkan saluran air yang tertutup tembok warga di Kemang, Jakarta Selatan, Senin (22/2). (Foto: PPID DKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banjir besar yang terjadi di Kemang, Jakarta Selatan, membuat beberapa tembok rumah warga ambruk dan menutup saluran air. Untuk mengatasi ini, Pemprov DKI Jakarta menerjunkan sebanyak 30 personel gabungan dari unsur Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU), Satgas Sumber Daya Air (SDA) dan Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air DKI Jakarta, di Jalan Kemang Timur IX, Kelurahan Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (22/2).

Baca juga : BNI Kebut Salurkan Kartu Tani Di Jatim

Lurah Bangka, Nofia Enita, merinci petugas tersebut terdiri atas 10 petugas PPSU, 10 Satgas SDA, dan 10 UPK Badan Air. Mereka melakukan pembersihan dengan mengangkat puing-puing tembok yang masuk ke saluran air selebar 1,5 meter.

Baca juga : PLN Berhasil Pulihkan 92 Persen Sistem Kelistrikan Terdampak Banjir Di Semarang

"Pembersihan dilakukan agar saluran air tidak tersumbat oleh batu dan tanah. Puing batu itu dibersihkan supaya saluran kembali berfungsi normal, hingga saat hujan air dapat mengalir lancar," ucapnya.

Baca juga : Abu Letusan Gunung Raung Bikin Bandara Banyuwangi Tutup

Nofia menjelaskan, tembok yang ambruk sekitar 20 meter. Tembok tersebut roboh, Sabtu (20/2) dinihari, saat hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Jakarta. "Petugas mengangkut puing pecahan tembok dari saluran secara manual," tandasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.