Dark/Light Mode

Antisipasi Pelayanan Terganggu Saat Banjir

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Lakukan Pemetaan

Senin, 22 Februari 2021 22:11 WIB
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bencana banjir yang melanda Jabodetabek, membuat Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bersama instansi lainnya,melakukan pemetaan wilayah yang berpotensi rawan terjadi gangguan pelayanan transportasi. Khususnya jika terjadi banjir, termasuk memastikan mengkoordinasikan langkah antisipasinya. 

"BPTJ hari ini telah melakukan rapat koordinasi melibatkan semua Dishub Pemprov/Pemkot/Pemkab se-Jabodetabek, serta para operator transportasi. Kami sepakat untuk siap siaga mengantisipasi kemunginan dampak cuaca buruk beberapa hari ke depan terhadap transportasi," ujar Direktur Prasarana BPTJ Edy Nursalam dalam keterangan resminya, Senin (22/2).

Baca juga : Antisipasi Banjir, Jababeka Siagakan Satgas Khusus

Mengingat kondisi cuaca ekstrem masih mungkin terjadi pada beberapa hari ke depan, dia mengimbau masyarakat lebih aktif mengakses semua informasi terkait pelayanan transportasi. Dengan demikian, sambungnya, masyarakat akan dapat melakukan antisipasi terlebih dahulu jika terdapat gangguan penyelenggaraan transportasi. 

Sehingga dapat mengambil keputusan lebih dini jika harus ganti moda transportasi. Karena itu, BPTJ telah memerintahkan semua operator penyelenggara transportasi di Jabodetabek untuk cepat tanggap menyampaikan informasi ke publik jika terjadi gangguan pelayanan akibat bencana banjir dan cuaca buruk akhir-akhir ini.  

Baca juga : GPMI: Jangan Hanya Kritik, Ayo Turun Langsung Bantu Warga

Edy melanjutkan, transportasi publik merupakan bagian dari pelayanan publik, maka wajib secara cepat diinformasikan kepada publik jika ada masalah dalam pelayanan, sekalipun disebabkan karena bencana alam. "Untuk itu kami telah menyampaikan kepada segenap operator transportasi untuk mengindahkan hal ini," jelas Edy. 

Adapun untuk kanal-kanal informasi layanan penyedia sarana dan prasarana transportasi yang dapat diakses, di antaranya adalah akun media sosial PT. KAI Commuter (@commuterline) dan akun twitterresmi layanan pelanggan PT. KAI (@KAI121). Untuk MRT Jakarta, masyarakat dapat mengakses melalui akun twitter @mrtjakarta dan untuk PT. TransJakarta melalui@pt_transjakarta.

Baca juga : Atasi Kelistrikan Wilayah Terdampak Banjir Jakarta-Jabar, PLN Terjunkan 6.170 Personil

Untuk pengguna jalan tol, masyarakat dapat mengakses informasi melalui akun twitter resmi lalu lintas penyelenggara jalan tol, yaitu @ptjasamarga. Pengguna transportasi Jabodetabek juga dapat mengakses informasi melalui akun Instagram BPTJ @bptjkemenhub.  [DWI]


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.