Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Persoalkan Banjir, PSI Mau Gulirkan Hak Interpelasi Untuk Anies

Kamis, 25 Februari 2021 20:55 WIB
Wakil Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Justin Untayana (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Justin Untayana (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta menyatakan siap menggunakan hak interpelasi terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan atas persoalan banjir. Wakil Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Justin Untayana mengatakan, hak interpelasi diambil sebagai langkah konstitusional terakhir untuk mempertahankan tanggung jawab moral dan politik PSI kepada warga Jakarta.

"PSI menilai Gubernur Anies tidak menjalankan amanah penanggulangan banjir, bahkan diduga dengan sengaja menghambat kerja di dinas-dinas Pemprov DKI untuk mencegah banjir," ujarnya, di Jakarta, Kamis (25/2).

Baca juga : Karyawan Bank DKI Galang Donasi Untuk Korban Bencana Alam

Justin menuturkan, PSI juga mengkritisi ketidakjelasan masterplan penanggulangan banjir dan ketidakseriusan pembebasan lahan normalisasi. Padahal, Anies sudah menjabat selama 3,5 tahun. 

"Terkait dengan bencana-bencana banjir yang terjadi, khususnya di Februari 2021 ini, kami menyampaikan bahwa Fraksi PSI akan menggunakan hak interpelasi terkait permasalahan pencegahan banjir di masa pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Bapak Anies Baswedan," ujarnya.

Baca juga : Di Tengah Musibah Banjir, Penyaluran Distribusi Bantuan Sosial Tunai Tetap Berjalan

Justin mengakui, untuk menggulirkan hak interpelasi, dibutuhkan dukungan 15 anggota DPRD. Sementara, Fraksi PSI hanya memiliki delapan kursi. 

Untuk menggolkan ini, PSI telah melakukan komunikasi politik dengan partai politik lain. PSI mencoba meyakinkan, interpelasi sebagai tanggung jawab bersama serta amanat para wakil rakyat untuk mengawal penanggulangan banjir.

Baca juga : BSI Salurkan Logistik Senilai Rp 100 Juta Untuk Warga Jabodetabek

"Kami yakin partai-partai lain juga mengakui penanganan banjir selama ini oleh Pak Gubernur masih sangat tidak maksimal. Bagi partai-partai yang memiliki pandangan serupa, kami harap ini bisa jadi gerakan bersama yang kuat di DPRD," tutupnya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.