Dark/Light Mode

Atasi Banjir, Proyek Normalisasi Kali Bekasi Mulai Dikerjakan

Kamis, 11 Maret 2021 07:20 WIB
Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto
Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengerjaan proyek normalisasi Kali Bekasi, telah dimulai oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto mengatakan, pengerjaan proyek normalisasi Kali Bekasi untuk mengendalikan banjir. Normalisasi Kali Bekasi dilakukan sesuai dengan kontrak yang telah disepakati.

“Kalau secara kontrak itu sejak akhir Februari 2021 sudah mulai pekerjaannya. Sekarang mengerjakan yang prioritas dulu,” kata Tri, Rabu (10/3).

Baca juga : Hari Ini, 6.237 Pegawai KLHK Mulai Jalani Vaksinasi

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi ini menyebut, ada dua titik pengerjaan normalisasi yang menjadi prioritas perkejaan normalisasi pengendalian banjir Kali Bekasi.

Pertama, titik Perumahan Pondok Gede Permai (PGP) Kecamatan Jatiasih. Kedua di Perumahan Pondok Mitra Lestari (PML) Kecamatan Bekasi Selatan.

Menurutnya, kedua titik tersebut, memiliki kerusakan tanggul yang perlu dilakukan perbaikan secara permanen  untuk mengendalikan banjir.

Baca juga : Lawan Corona, Pegawai KLHK Mulai Disuntik Vaksin Sinovac

“Jadi di PGP dan PML itu kondisi tanggulnya jebol, makanya menjadi prioritas apalagi masih musim penghujan seperti saat ini,” ungkap Tri.

Adapun proyek normalisasi pengendalian banjir Kali Bekasi, menelan anggaran sebesar Rp 4,7 triliun dengan dibagi ke dalam tujuh paket kegiatan. 

Total keseluruhan panjang Kali Bekasi dari Hulu Pertemuan Sungai Cileungsi dan Cikeas (P2C) hingga ke hilir sepanjang 43 kilometer.

Baca juga : Terapkan Prokes Ketat, DBL Seri Mataram Berjalan Lancar

Untuk kegiatan paket satu, membentang sepanjang 12 kilometer dari P2C hingga ke Bendung Bekasi. Kemudian paket dua sampai paket tujuh dikerjakan secara bertahap. [MFA]


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.