Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Beraksi Tengah Malam Hingga Sahur

Duh, Balapan Motor Liar Menjamur Lagi

Senin, 19 April 2021 06:10 WIB
Polisi lakukan penindakan terhadap para pemotor yang masih nekat balap liar di wilayah Pondok Indah, Jakarta Selatan. (Foto: Dok. Polda Metro Jaya)
Polisi lakukan penindakan terhadap para pemotor yang masih nekat balap liar di wilayah Pondok Indah, Jakarta Selatan. (Foto: Dok. Polda Metro Jaya)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat mematuhi larangan Polda Metro Jaya untuk tidak melakukan kegiatan sahur on the road (SOTR). Namun sayang, lengangnya jalan di Ibu Kota pada tengah malam hingga subuh, dimanfaatkan sejumlah pemuda sebagai ajang balapan motor.

Balapan liar terjadi di sejumlah titik di Ibu Kota. Pelakunya para pemuda tanggung dengan menggunakan sepeda motor sudah dimodifikasi.

Aksi mereka kian mengkhawatirkan. Membahayakan pengguna jalan. Dari mulai memblokade jalan, hingga memberhentikan paksa para pengendara yang melintas. Mereka juga berkerumun sehingga rentan terjadi penularan Covid-19.

Baca juga : Terbukti Rendah, Penularan Covid Dari Menyentuh Permukaan

Untuk menghentikan aksi mereka, polisi gencar melakukan razia. Setiap malam hingga dini hari, sejumlah grup polisi memakai mobil dan motor trail keliling memantau kondisi dan membubarkan balap liar. Seperti akhir pekan kemarin, di wilayah Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Sekitar pukul 02.30 WIB, sekawanan pemotor bersiap menggeber motornya dengan kecepatan tinggi. Untungnya, sebelum mereka beraksi, petugas kepolisian keburu mengamankan para remaja itu.

Enam remaja yang keciduk nampak pasrah. Mereka disuruh petugas berjongkok untuk mencegah melarikan diri. Dari enam motor yang diperiksa, lima unit di antaranya tidak dilengkapi surat kendaraan dan akhirnya diangkut ke Polda Metro Jaya.

Kepala Satuan Patroli dan Pengawalan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, AKBP Argo Wiyono mengungkapkan, setelah polisi rajin melakukan razia pada malam hari, pebalap liar beraksi setelah subuh. Karena itu, jajarannya memperpanjang waktu razia hingga pagi hari.

Baca juga : Sektor Pariwisata Siap “On” Lagi

Menurutnya, wilayah Pondok Indah hingga ke seputar TB Simatupang, memang sering dijadikan tempat balapan karena memiliki trek lurus.

“Kita razia intensif setiap hari, khususnya di jalur Pondok Indah, sampai pagi hari,”ungkapnya.

Selain wilayah itu, polisi juga merazia aksi balap liar di wilayah Tanjung Duren, Jakarta Barat. Di sini, balapan liar kerap berlangsung menjelang subuh. Dari razia itu, sebanyak tujuh orang dan enam unit kendaraan diamankan karena diduga hendak melakukan aksi balap liar.

Baca juga : Jangan Panik, Bisa Sembuh Dan Tidak Menularkan Ke Orang Lain

Kapolsek Tanjung Duren, Kompol Agung Wibowo menerangkan, pengamanan dilakukan karena kendaraan tersebut menggunakan knalpot bising dan para pengendaranya tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.