Dark/Light Mode

Gunung Agung Erupsi 2 Kali, Tinggi Kolom Abu 300-700 M

Jumat, 22 Februari 2019 20:30 WIB
Asap dan abu vulkanik keluar dari kawah Gunung Agung terlihat dari Desa Batuniti, Karangasem, Bali, Rabu (4/7/2018). (Foto: Antara)
Asap dan abu vulkanik keluar dari kawah Gunung Agung terlihat dari Desa Batuniti, Karangasem, Bali, Rabu (4/7/2018). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi hingga dua kali dengan kolom abu teramati setinggi kurang lebih 300-700 meter di atas kawah, Jumat (22/2). Erupsi tersebut terjadi pada pukul 16.31 dan 17.01 WITA.

Baca juga : Gunung Bromo Erupsi, Tinggi Kolom Abu 600 M

"Erupsi gunung ini terekam dua kali di seismogram dengan amplitudo maksimum 3-11 mm dan durasi selama 6 menit 53-380 detik. Ketinggian kolom abu hingga 700 meter itu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang dengan arah abu condong ke Timur," kata Kepala Pos Pantau Gunung Agung, Dewa Made Merthe Yasa, Jumat (22/2), seperti dilansir Antara.

Baca juga : Gunung Agung Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu Tidak Teramati

Saat mengalami erupsi, Gunung Agung terlihat jelas, karena teramati asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis hingga sedang di atas puncak kawah.

Baca juga : Gunung Agung Erupsi 2 Menit, Kolom Abu Tertutup Kabut

Terekam dari data seismogram, Gunung Agung mengalami tremor harmonik satu kali dengan durasi 75 detik, dan sempat terpantau mengalami 1 kali tektonik jauh, dengan amplitudo 3 mm dengan durasi 40 detik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.